Senam Tibet

Mau awet muda, sehat dan bugar ? cobalah untuk mempraktekkan senam Tibet. Senam Tibet? Ya, senam ini disebut dengan senam tibet karena senam ini berasal dari daerah Tibet. Senam ini dulunya dilakukan oleh para biksu untuk menjaga kebugaran dan membuat ia awet muda. Ada 5 gerakan yang dilakukan dalam senam ini. Ok, sebelum masuk ke inti senamnya kita ulas dulu deh manfaat dari senam ini, petunjuk, baru nanti gerakan detailnya.

Jika dilakukan secara rutin, senam tibet memiliki beberapa manfaat antara lain: membuat seseorang kelihatan lebih muda, tidur nyenyak, segar dan penuh semangat, bisa mengurangi masalah medis seperti punggung sakit, memiliki ingatan yang lebih baik, melegakan/mengurangi sakit tulang, mengurangi berat badan, meningkatkan daya penglihatan, menghambat penuaan, meningkatkan kekuatan fisik, menjaga ketahanan tubuh dan tenaga, meningkatkan kesehatan mental dan emosi, menjaga agar perasaan terasa baik (good feeling), dan mengatur energy secara keseluruhan.

Manfaat ini bisa dirasakan jika kita rutin melakukan senam ini setiap hari. Waktu yang paling baik adalah setelah subuh atau ketika matahari terbit. Jika mau 2 kali diperbolehkan pada saat matahari tenggelam atau sore hari namun paling tidak jarak dengan makan malam adalah 3 jam setelah senam. Tiap gerakan dilakukan maksimal 21 kali. Bagi yang baru melakukan, di awal-awal bisa hanya berkisar 3 sampai 5 kali gerakan. Untuk yang tidak sempat karena sangat sibuk paling tidak 3 kali tiap gerakan yang pasti ruting tiap hari.

Lalu bagaimana gerakannya ? Ada beberapa versi yang kesemuanya memiliki efek yang sama. Untuk lebih jelasnya ikuti petunjuk berikut:

  1. Untuk minggu pertama dan pasti kita harus dalam keadaan fit dan sehat, lakukan tiap gerakan 3 kali (seperti yang saya ulas sebelumnya).
  2. Jika anda termasuk orang yang tidak begitu aktif, memiliki kelebihan berat badan, atau memiliki masalah kesehatan, lakukan salah satu gerakan dari 3 gerakan pertama tiap harinya dan hanya jika kita sudah merasa nyaman baru melakukan semua gerakan.
  3. Jika anda memiliki kelebihan berat badan (overweight) jangan melakukan gerakan nomer 4 dan 5 sampai memiliki ketahanan dan kekuatan untuk melakukannya.
  4. Lakukan jika kita merasa nyaman maksudnya jangan langsung melakukan 21 kali tiap gerakan namun lakukan secara bertahap semisal minggu pertama 3 kali tiap gerakan, lalu meningkat tiap minggunya hingga kita sanggup melakukan 21 kali. Ingat jangan lebih dari 21 kali karena itu bisa membuat energi kita berubah menjadi energi negatif.
  5. Senam ini bisa menstimulasi detoxsifikasi atau pelepasan racun. Namun untuk awal-awal bisa bikin njarem2 kalau jarang berolah raga.
  6. Jika jarang berolah raga untuk persiapan lakukan program jalan santai setengah jam perhari mungkin bisa mengitari perumahan atau kampus sambil menghirup udara segar. Kalau tidak sempat ya lakukan pemanasan ringan saja.
  7. Makanlah makanan yang bebas gula (sedikit gula) dan rendah lemak adalah makanan yang baik selama program.
  8. Lakukan latihan ini tiap hari dan hanya boleh absen sehari dalam seminggu jika memang bener-bener tidak bisa. Jika tidak maka manfaat kurang bisa kita rasakan.
  9. Seperti yang saya utarakan diatas waktu terbaik adalah selepas subuh, jika tidak bisa pilihlah sembarang waktu dalam hari itu namun usahakan 3 jam sebelum makan.

Gerakannya gimana? Sabar ya… nih gerakannya, ikuti baik-baik gambar-gambar berikut. Untuk versi aslinya bisa lihat ke link ini :

http://www.mkprojects.com/pf_TibetanRites.htm

http://www.lifeevents.org/5-tibetans-energy-rejuvenation-exercises.htm

Untuk contoh langsung bisa lihat versi video berikut.

Gerakan 1, 2 dan 3:

Gerakan 4 dan 5:

Versi cetak, berbeda sedikit pada gerakan ketiga :

Oke, semoga bermanfaat. Mungkin gambar-gambar ini diambil dari buku, jadi maaf kalau nggak begitu jelas, bisa klik link yang ada diatas kalau mau petunjuk lengkapnya :P

About these ads

27 Komentar

  1. galih said,

    April 30, 2008 pada 3:47 pm

    sekarang jadi freelancer instruktur aerobik bu? :P

    >yuhana:
    he he he, Galih bisa aja. Tapi boleh juga tuh idenya, khan lumayan buat nambah uang saku kalau bayarannya dolar, ya nggak lih?.

    Btw, kayaknya senam ini cocok nih buat galih, siapa tahu habis ini jadi lebih pede untuk menyunting gadis pujaan hati .. wa ka ka

  2. nRa said,

    April 30, 2008 pada 9:59 pm

    @ galih : tuh… udah dikasih saran sama Bu’ e … tinggal dilakoni yang teratur, abis itu langsung tancap gas, whehehe :)

    @ Bu Yuhana : yah… gimana mau senam bu, bangun pagi aja sulit… abis bangun malah tidur lagi :) . Btw, klo saya sekarang suka renang selain sepak bola… mayan buat menggerakkan semua otot2 dan tulang2 :D

  3. putra bahtera jaya bangun said,

    Juli 14, 2008 pada 10:50 am

    saya tidak bisa download videonya kenapa ya terima kasih

  4. Dania said,

    Agustus 10, 2008 pada 1:07 am

    untuk yg belajar reiki kundalini gerakan ini sangat berguna

  5. abiel said,

    November 30, 2008 pada 10:33 pm

    thx. catatan nya bwat tgs saya :)

  6. murjani said,

    Januari 5, 2009 pada 9:39 am

    saya sudah beli bukunya, dan saya coba namun saya mengalami pusing dan mual berkepanjangan pada hari itu, bagaiman ?

  7. dewi said,

    Januari 27, 2009 pada 11:21 am

    Ap g btuh pmnasan dlu?Kliatnx grkan2x tll berat n bkin pusing.N ap g bs grkanx dlkukan prlahan-lahan,misalx pke hit 1×8/1×4 utk stp grkan.Soalx d video tiap step grkan dlkukanx cpt bgt,trus kpn inhale/exhale nya?

  8. heni said,

    Februari 20, 2009 pada 1:16 pm

    ngk ad musiknya ya….hitungannya gm….kl mo bl cdnya dm..

  9. lol said,

    Februari 21, 2009 pada 3:50 pm

    dancooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooookkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    • adhe M.S said,

      Juni 3, 2009 pada 4:51 pm

      ngomentari apaan tuh bro,,,,,,,,,,,,,,,,,

      • t0le said,

        Mei 31, 2010 pada 1:57 pm

        ni senam apaan sich??
        ga maksud dch aq!!!

  10. afgan said,

    Februari 21, 2009 pada 3:52 pm

    senam membuat bdn kt gemuk and rusak(remek)

    • adhe M.S said,

      Juni 3, 2009 pada 4:49 pm

      kata ciapa yeeeeeeeee mungkin kebetulan ajaa kaleee badan loe lagi rusak gue it`s okey bro,,,,

  11. akhris said,

    Februari 27, 2009 pada 11:45 pm

    senam yg menyehatkan pikiran agar tidak berfikiran negatif!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  12. bdgsunset said,

    Juni 22, 2009 pada 8:06 am

    mau coba deh!,kpn lagi mau hidup sehat,thx

  13. rini said,

    Desember 11, 2009 pada 7:36 am

    gimana ya bu supaya gemuk dengan melakukan senam ato gimana soalnya kurus banget bu

  14. eka k.wijaya said,

    Desember 27, 2009 pada 9:52 pm

    gmana kalo ngajarin kita kita yg mau soaje gbr nye krng jelas. bersedia kah?

  15. Januari 15, 2010 pada 10:00 am

    koq ambar versi cetak sama dengan yg ada di buku karangan Irmansyah Effendy?????

  16. Muhtaruddin said,

    Februari 17, 2010 pada 9:43 am

    sangat senang sekali dengan adanya senam tibet ini, menambah khasanah gerakan dan wawasan bersenam, makasih Bu Yuhana

  17. dame said,

    Februari 25, 2010 pada 11:01 am

    Apakah ini cara bisa menyembuhkan low back pain atau nyeri punggung belakang..seperti ditarik dan menjalar ke paha blakang bila exercise basket or football..thanks

  18. revi said,

    Februari 28, 2010 pada 12:28 pm

    cece

  19. sugeng said,

    April 1, 2010 pada 4:12 pm

    memang yg ngarang buku Irmansyah Effendi pendiri yayasan padmajaya,
    dgn program reiki tummo-nya..ada shing-chi, buka hati, dsb…
    btw..
    kembali ke masing-2..sebagus apapun info, kalo ga dilakoni dgn teratur & terus menerus, sulit jd baik (ga ada hasilnya)…

    sy sendiri, krn ngerasa ga ada tmn, jd males latihan, padahal rumah deket ktr pusat padmajaya….

    sedih deh….mau tetep semangat gmn yach?

    salam reiki-tummo..

  20. silvi said,

    April 16, 2010 pada 8:00 pm

    oo..ya mbak…mau tanya, kebetulan saya kan insomnia atau susah tidur, nah kan salah satu manfaat senam tibet ini bisa membuat tidur nyenyak, boleh ngga saya lakukan senam ini malam hari, contoh 1 jam sebelum tidur, ?

    tq

  21. Dico Hinop said,

    April 17, 2011 pada 10:58 pm

    Makasih Om…

  22. anotherorion said,

    November 5, 2011 pada 8:40 pm

    maturnuwun buat infonya n_n

  23. naning said,

    November 11, 2012 pada 7:11 pm

    makacih bwt ilmux :)

  24. Bunga said,

    Januari 14, 2013 pada 1:37 pm

    saya liat di beberapa website, ada perbedaan untguk gerakan ke 3. yakni sebagian besar gerakan dilakukan dengan posisi lutut ditekuk. betis sejajar dengan lantai dan tubuh dibengkokkan ke belakang. umumnya seperti itu, tetapi anda menjelaskan denganposisi berdiri dst.. (gambar diamabil dari buku karangan bapak Irmansyag effendi) yang saya tanyanyakan manakah tehnik yang asli disosialisasikan oleh Peter Kelder? terimakasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: