Gimana ngerti website mandarin ?

Hm…. tinggal di negeri yang karakter tulisannya berbeda dengan tempat asal kita memang sulit. Apalagi kalau kita termasuk buta huruf alias nggak bisa baca🙂 . Hal ini saya alami disini, pasti ada yang bertanya-tanya kok bisa nggak ngerti huruf mandarin berani kuliah di Taiwan? Ya….. banyak mahasiswa Indonesia seperti saya yang buta huruf mandarin, meskipun tak sedikit yang bisa baca.

Kalau dengar orang ngomong dalam mandarin sedikit-sedikit kami bisa paham, tapi kalau suruh baca huruf mandarin, wah perlu penterjemah nih. Trus gimana kalau ada pengumuman ? ya gimana lagi… kita lebih banyak bertanya pada mahasiswa lokal, apa maksud pengumuman yang ada, termasuk membaca pengumuman yang di website. Baru beberapa minggu kemaren saya temukan cara bagaimana memahami pengumuman atau berita di website dalam bahasa mandarin, meskipun kita harus bersabar🙂 . Bagi anda yang ingin mencoba cara saya silahkan ikuti cara berikut :

  1. Anda harus menggunakan Mozilla Firefork untuk browser anda, kalau di internet explorer saya belum menemukan caranya. Nah gimana kalau browser yang digunakan bukan Mozilla Firefork? anda pergi ke mbah google ( he he he maksudnya http://www.google.com), lalu ketikkan “mozilla firefox download” , selanjutnya anda download dan install di komputer anda.
  2. Jika anda telah memiliki browser mozilla, buka browser anda. Selanjutnya pilih menu Tools -> Add-ons, maka akan muncul window Add-ons. Klik tulisan Get Extensions.
  3. Ketika muncul halaman baru lihat ke bagian bawah, pada textbox searching tuliskan kata dictionary, kemudian tekan tombol search.
  4. Cari Chinesepera-kun: Chinese Popup Dictionary 0.2.2 by Justin Kovalchuk dengan menekan tombol next result sehingga anda menemukannya. Setelah itu klik pada tulisan Chinesepera-kun:Chinese Popup Dictionary. Setelah muncul halaman tentang dictionary ini cari dan tekan tombol Install Now.
  5. Jika telah terinstall tutuplah browser mozilla anda kemudian buka kembali. Cobalah dengan membuka website dalam bahasa mandarin misalnya www.ntu.edu.tw. Untuk mengaktifkan tool ini anda klik kanan lalu pilih Toggle ChinesePera kun. Selanjutkan arahkan mouse anda ke karakter yang ingin anda baca, dengan perlahan-lahan anda akan mengerti maksud website dalam bahasa mandarin tersebut.

Untuk bahasa lain anda tinggal pilih kamus yang diinginkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ……..

5 Komentar

  1. Januari 23, 2007 pada 5:29 pm

    tutorial yang bagus bu

    temen2 taiwan mengatakan in bisa baca karakter china
    padahal selama ini iin hanya baca address link di bagian bawah😀

  2. budi said,

    Februari 13, 2007 pada 8:34 am

    Bu Yuhana, saya nyoba nginstall yang perapera-kun, tapi ketika saya ‘Toggle Perapera-kun’ koq malah ada pesan ‘Please install word dictionary for perapera-kun’. Apa ada yang salah ya?

  3. yuhana said,

    Februari 13, 2007 pada 9:38 am

    > Budi
    kalau dah ngikutin dengan detail semua langkah yang ada di tulisan saya, saya kira nggak ada masalah. Coba lakukan ulang deh. Entar kalau masih ada masalah silahkan kirim email japri🙂

  4. heristhea said,

    Januari 25, 2008 pada 9:33 am

    Terima kasih Bu, atas tool yg sangat membantu ini.
    Jadi saya tidak usah repot2 buka kamus mandarin.
    Sambil membaca, belajar & dapat informasi lagi 🙂

    >yuhana:
    sama-sama heristhea, kalau pengen yang instan coba ada ke http://translate.google.com/translate_t?langpair=zh|en . disitu ada 2 cara. Translate text biasa atau translate web page dari chinese ke english. Caranya, untuk text, copy text yang ingin kita translate di area text lalu pilih “Chinese to English” lalu tekan tombol translate. Untuk web page tinggal copy address / url web page yang ingin kita translate lalu pilih “Chinese to English” dan tekan tolbol translate. Untuk bahasa yang lain juga bisa. Selamat mencoba

  5. iyank said,

    November 21, 2008 pada 5:35 pm

    wah trima kasih bgt….sangat membantu
    gw dah mencoba dan berhasil
    lg giat2 nya belajar mandarin nih
    ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: