15 Menit Membuat Blog dengan WordPress

Alhamdulillah, akhirnya tulisan ini selesai juga. Sebelumnya saya tidak begitu tertarik dengan blog, namun prof meminta saya membuat blog untuk menuangkan ide dan hal-hal yang berhubungan dengan riset. Pernah punya blog tapi di friendster. Awalnya saya menuliskannya dalam bahasa inggris agar prof saya bisa baca, tapi saya pikir2 lagi, saya ingin bisa berkonstribusi untuk Indonesia🙂 sampai saya putuskan untuk mengembangkan 2 blog, satu dalam bahasa inggris (di friendster) dan satunya dalam bahasa indonesia (blog ini), kedengarannya aneh ya?.

Mulailah saya membuat blog, Bu iin (begitu saya panggil mbak Nuraini Rahmawati) menyarankan saya untuk memakai wordpress.com karena apa yang kita tulis bisa disearch melalui search engine. Dari situ saya berpikir untuk menuangkan pengalaman saya dalam bentuk tulisan. Thanks untuk bu iin atas inspirasinya. Ternyata menarik juga memiliki blog, bisa menulis apa aja curahan isi hati dan pengalama, ataupun sekedar pelampiasan kalau lagi stres atau BT.

Saya masih ingat sekali dengan semboyan “Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya”. Sederhana sebenarnya tulisan saya ini, tapi saya berharap ini bisa berguna untuk sobat-sobat yang belum memiliki blog dan ingin mencoba membuat blog dengan wordpress bisa mampir dan melihat tulisan saya tentang 15 menit membuat blog dengan WordPress. Semoga dengan semakin banyak yang memiliki blog kita bisa membangun Indonesia tercinta lewat tulisan-tulisan kita. Semoga bermanfaat. Bagi yang mau nambahi monggo, saya tunggu komentarnya, saya yakin pasti ada tulisan lain serupa yang mungkin malah lebih advanced.

Klik link dibawah ini untuk memulainya

Link : 15 menit membuat blog dengan WordPress.pdf

34 Komentar

  1. Januari 1, 2007 pada 4:23 pm

    jia you !
    xie xie
    for ni de tutorial (apa bhs chinanya tutorial yach??)

  2. yuhana said,

    Januari 1, 2007 pada 4:27 pm

    ok thanks

  3. helgeduelbek said,

    Januari 2, 2007 pada 12:20 am

    Selamat datang di blogsphere WP.COM, semoga dunia per-do-blog-an indonesia semakin meriah.

  4. chaidir said,

    Januari 2, 2007 pada 2:03 am

    Wah… umurnya blog ini sudah satu tahun… dari Desember 2006 sampai Januari 2007😀

    semoga tutorialnya membawa kebaikan bagi setiap orang yang ingin belajar menjadi Penulis lewat blog..🙂

  5. yuhana said,

    Januari 2, 2007 pada 4:33 am

    > helgeduelbek & chaidir ; Bu Iin
    thanks …. wah jadi malu nih sama mbah-mbahnya blog🙂 , terima kasih doanya, mari kita ramaikan dunia perblog-an indonesia untuk memajukan pendidikan lewat blog. Iya nih umurnya udah satu tahun he he he……(mulai 28 desember 2006😛 )

  6. chastine said,

    Januari 19, 2007 pada 10:38 am

    Setelah baca blognya yuhana jadi pingin buat nih🙂 Makasih yuhana tutorialnya pingin nyoba ah hehehe

  7. Goio said,

    Januari 21, 2007 pada 11:11 am

    berdasarkan pengalaman saat kerja (yang baru seupil itu hehehe), salah satu kekurangan orang Indonesia (pada umumnya) adalah malas mencatat. Aku pikir niat ibu yuhana untuk mencatat di blog ini merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk membiasakan diri mencatat =)

    ayo semangat!

    *bused, bahasaku kok ‘sok’ banget ya? ihihihihi… maap ibu…

  8. yuhana said,

    Januari 21, 2007 pada 6:25 pm

    >Bu Chastine
    Ayo bu, dibuat aja khan gampang banget
    >Goio
    Emang bener kok goi, cuman seupil, tapi sedikit-sedikit katanya kalau dikumpulin bisa menjadi bukit😀 . Saya lihat banyak sekali temen-temen yang telah menulis hal-hal yang lebih advanced tentang bagaimana mengelola blog, tapi belum saya temui yang dari step dasar. Berharap ini berguna bagi yang memang belum tahu sama-sekali, selebihnya bisa dilihat di blog-blog lain seperti punya pak Urip (HelgeDuelbek) salah satunya. Thanks

  9. Abdul Munif said,

    Januari 21, 2007 pada 7:06 pm

    Hmm … jadi tertarik bikin blog nih. Terima kasih atas tipsnya
    Gimana kabarnya di Taiwan, Bu ?

  10. qyut said,

    Januari 21, 2007 pada 8:56 pm

    salam kenal bu..
    sekarang gampang banget ya…

    dari yang migrasi total blog lama…

  11. Januari 21, 2007 pada 10:44 pm

    […] sini… hmm.. lumayan banyak juga untuk ukuran seorang pemalas Membaca blog mbak yuhana 15-menit-membuat-blog-dengan-wordpress , sangat benar adanya jika kita hanya melakukan registrasi dan ‘first touch’. Tapi ada […]

  12. ged said,

    Maret 4, 2007 pada 1:59 pm

    bagus perlu dipertahankan

  13. yuhana said,

    Maret 21, 2007 pada 1:41 pm

    >abdul munif
    Kabar baik, gimana kabar surabaya🙂

    >qyut
    yup bener

    >ged
    ini cuman catatan kecil kok ged, memang bener kata goi, tapi saya menuliskannya karena biasanya orang malu menuliskan cara-cara sepele seperti ini, padahal justru yang sepele itu merupakan awalan untuk melangkah ke jenjang yang lebih sulit…. jie…..🙂

  14. ichsan said,

    April 10, 2007 pada 12:14 pm

    Terima kasih tipsnya, aku senang mendapatkan ilmu-ilmu baru yang bermanfaat.
    muat donx aku di blog rollmu
    ichsan231.wordpress.com/

  15. yuhana said,

    April 10, 2007 pada 1:09 pm

    >ichsan
    Request sudah dipenuhi, salam kenal🙂

  16. gajagalok said,

    Oktober 18, 2007 pada 4:25 pm

    wah terima kasih ya tipsnya mudah-mudahan tutorial ini bisa berguna untuk yang lainnya, dan menjadi amal kebaikan anda……..

    >yuhana:
    aamiiin

  17. rusdaryono said,

    November 14, 2007 pada 4:41 pm

    sip blognya lho…🙂

    >yuhana:
    syukur alhamdulillah🙂

  18. ci said,

    April 18, 2008 pada 4:31 pm

    Ibu’ boleh minta FS.nya ?

    >yuhana:
    Wah FS saya jarang saya update Ci, nggak usah ya🙂

  19. Jasmansyah said,

    Juni 19, 2008 pada 1:52 pm

    yang lebih rinci dong kasiin ke kita, biar bisa buat blog yang bagus

  20. DIWARMAN said,

    Desember 11, 2008 pada 9:52 pm

    Thanks ya, blognya baguS. Salam kenal. Kembangkan terus sampai lebih bagus lagi.

    dewe_diwarman@yahoo.com
    http://diwarman64.blogspot.com

  21. achadi piloor said,

    Desember 18, 2008 pada 4:22 pm

    15 menit ? please deh……………. apa aku yang gaptek ya? udah setengah jam bo! gagal melulu………………

  22. achadi piloor said,

    Desember 26, 2008 pada 5:45 pm

    beneran lho sampe sekarang aku belum pinter bikin blog lho…………….gaptek gitu dech,mohon panduan ya mbak….makasih.

  23. Februari 1, 2009 pada 2:34 pm

    terima kasih informasinya, saya pingin buat blog lagi di wordpress soalnya jadi ketagihan ngeblog nich..

  24. achmadi said,

    Februari 9, 2009 pada 4:59 pm

    trima kasih aq dah cuba dan berhasil, terus bagaimana membuat post dan lain-lainnya.

  25. achmadi said,

    Februari 13, 2009 pada 10:58 am

    saya sudah buat blog lewat wordpress mohon panduan selanjutnya dan mungkin bisa di e-mail trik-trik yang lain agar blognya keren kaya punya mbak yuha. trim’s.

  26. ayyas said,

    Februari 22, 2009 pada 10:27 am

    ijin copy buat blog-nya ya..soale lagi pengn bangt buat blog….dah kebelet pengin nulis…..xie xie…lam kenal

  27. achadi said,

    Februari 23, 2009 pada 1:44 pm

    apa aja sich yang perlu di perhatikan dalam pembuatan blog…???

  28. Mas Dayat said,

    Maret 3, 2009 pada 11:42 am

    wah setelah tahu, jadi pingin nyoba ni…..bisa minta tahu caranya ndak cara bikin blog seperti milik kamu?

  29. Achadi said,

    Maret 19, 2009 pada 5:52 pm

    akhirnya aku bisa bikin blog mbk,tadi aku asal coba akhirya jadi juga makasih ya atas semua saran-saran yang telah mbak berikan pada saya.

  30. yono said,

    Mei 13, 2009 pada 8:22 pm

    mampir bos

  31. yono said,

    Mei 13, 2009 pada 8:23 pm

    wah hebat ya neh blog, rame banget

  32. Juni 17, 2009 pada 9:57 pm

    “Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya” hihihi bagus juga nih semboyan

  33. ryankharisma88 said,

    November 19, 2009 pada 7:38 am

    Infonya bermanfaat, terima kasih. Salam Persahabatan. . .
    (By: http://ryankharisma88.wordpress.com)

  34. budisetiaone said,

    April 23, 2011 pada 4:32 pm

    thanks atas infonya mbak…sy jd belajar bikin blog dari tulisan mbak yuhana.
    mudah-mudahan sy bisa mengembangkannya dan bermanfaat..


Tinggalkan Balasan

