Ubah karakter di browser

Sejak kuliah di NTU sering aku menerima email berkarakter mandarin di yahoo mailku. Sayangnya aku tidak bisa membacanya karena karakter itu diubah ke karakter-karakter aneh yang nggak bisa terdeteksi apa maksudnya.

Akhirnya bisa juga aku mengatasinya, ternyata masalahnya adalah sepele, aku harus mengubah encoding ke unicode charakter di browser ( aku menggunakan mozilla Firefox) , caranya adalah

  1. Buka browser mozilla
  2. Pilih menu Tools -> options
  3. Klik tab content dan pada bagian Fonts & Colors klik tombol Advanced
  4. Selanjutnya akan tampil dialog Fonts, pada bagian Character Encoding, gantilah Default Character Encoding menjadi Unicode (UTF-8)
  5. Tekan tombol OK pada dialog Fonts
  6. Tekan tombol OK pada dialog Options
  7. Tutup kembali browser kemudian buka lagi, maka karakter aneh-aneh tidak akan muncul di email ataupun di page yang dibuka.

Tinggalkan Balasan

