Beasiswa Yayasan Habibie

Lagi-lagi dapat dari temen, semoga ada manfaatnya🙂

Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Yayasan SDM-IPTEK) didirikan oleh Prof. Dr.-Ing. B.J. Habibie (mantan presiden RI) pada tahun 1997.

Badan pengurus yayasan ini diketuai oleh Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan memiliki tujuan :
l Mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan memiliki kualitas Iman dan Takwa yang tinggi.
l Menguasai, mengembangkan dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Yayasan melakukan kegiatan sebagai berikut:
l Memberikan beasiswa untuk tingkat S3 (Doktor),
l Memberikan penghargaan dan hadiah kepada orang atau Badan yang telah berjasa atau melakukan terobosan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Habibie Award).
l Mengembangkan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
l Membentuk atau membantu berdirinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

BEASISWA S3
Beasiswa diberikan 2 (dua) kali setahun yaitu:
a. Periode bulan Mei
Formulir harus sampai di panitia paling lambat 21 April tahun berjalan.
b. Periode bulan Nopember
Formulir pendaftaran diajukan paling lambat tanggal 20 Oktober.
Persyaratan yang harus dipenuhi untuk beasiswa S3.
l Usia maksimum 35 tahun.
l Tidak menerima beasiswa dari lembaga atau sumber lainnya.
l Sudah diterima atau telah mendapatkan surat keterangan diterima dalam program S3 di perguruan tinggi atau lembaga yang berada di Indonesia.
l Selama mengikuti program S2, penerima beasiswa S3 harus mendapatkan nilai cum laude atau minimal berada pada peringkat ke-5.
l Pendaftar harus menyerahkan dua rekomendasi dari tokoh ilmuwan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
l Pendaftar harus menunjukkan sikap kepemimpinan dalam bidangnya dan memiliki tingkat integritas dan kreatifitas yang tinggi.

Proses pendaftaran dan seleksi
l Pendaftar harus mengisi formulir pendaftaran secara lengkap disertai dengan dokumen penunjang.
l Pemilihan penerima beasiswa ditentukan dalam sidang dewan pakar yang telah ditentukan oleh Yayasan.
l Seleksi dilakukan berdasarkan 5 (lima) kelompok bidang ilmu yakni :
1. Kelompok Ilmu Dasar,
2. Kelompok Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi,
3. Kelompok Ilmu Rekayasa,
4. Kelompok Ilmu Sosial, Hukum, Ekonomi dan Politik,
5. Kelompok Ilmu Filsafat, Agama dan Budaya.

Tunjangan
Beasiswa yang diberikan berupa:
l biaya pendidikan (SPP) dan dana studi lainnya,
l tunjangan tugas akhir,
l tunjangan biaya buku/fotokopi,
l tunjangan biaya hidup,
l tunjangan biaya transportasi dari daerah ke tempat kuliah (jika saat melamar ada di daerah di luar tempat belajar)

Untuk informasi lebih lanjut
hubungi sdm-iptek@habibiece nter.or.id

************ *

aplikasi_beasiswa_thc.pdf dalam pdf

36 Komentar

  1. widya said,

    Maret 22, 2007 pada 9:35 am

    beasiswa untuk mahasiswi yang sedang kuliah S1 juga diperlukan apa yayasan ini tuidak membuka program tersebut mohon dibuka program seperti itu karena saya sedang mencari beasiswa terima kasih

  2. sadri said,

    April 16, 2007 pada 12:32 pm

    Apakah yayasan ini tidak membuka program untuk bantuan beasiswa ke luar negeri karena banyak orang Indonesia yang ingin lanjut ke luar negeri tapi masih kesulitan dalam hal dana.

  3. risna said,

    April 16, 2007 pada 12:41 pm

    minta dibantu beasiswa kuliah di Malaysia pada saat sekarang ini karena saya sudah diterima di sana melalui NIS Indonesia namun masih terkendala masalah dana

  4. sadri said,

    April 16, 2007 pada 12:54 pm

    saya diterima melanjutkan kuliah S1 di luar negeri (Malaysia). Apakah ada beasiswa tentang studi di luar negeri? Jika ada informasi tolong kirim melalui via e-mail (sadrisutrisna@yahoo.com).

  5. priyo said,

    April 16, 2007 pada 5:00 pm

    Ass,bagaimana kaum pinggiran bisa menikmati pendidikan.Masih banyak diantara kami yang sd saja tidak bisa lulus pak,mohon perhatian.terimakasih

  6. Roy said,

    April 18, 2007 pada 1:35 am

    Saya sudah hampir dua tahun tunda skripsi masih bisa tidak ya ajukan permohonan biya skripsi trimaksih

  7. Achmad Taufik Hidayat said,

    April 18, 2007 pada 8:50 pm

    Kalau umumr saat ini 37 tahun, apa masih bisa mengikuti program ini. Mohon info ?

  8. eko kristiono said,

    April 19, 2007 pada 2:01 pm

    Maaf,….sebelumnya …
    saya rakyat jelata ……yang tinggal diSemarang……
    TOLONG PERHATIKAN NASIB ANAK2 GELANDANGAN
    LINDUNGI ANAK2 BANGSA !!!!

    Eko_Acp

  9. syaikhul azhar said,

    April 19, 2007 pada 2:10 pm

    tolong bantu anak-anak yang lahir dan dibesarkan di daerah prostitusi, mereka sejak kecil sudah berhadapan dengan lingkungan yang tidak baik dan keras, mereka kelak akan tumbuh menjadi orang-orang yang mengandalkan budaya kekerasan, mohon mereka dapat dibina.

  10. April 19, 2007 pada 11:00 pm

    Ya kita harapkan semua yang dapat bersekolah di LN
    dapat kembali membangun negeri tercinta🙂

  11. Kang Tutur said,

    Juli 12, 2007 pada 11:57 am

    Salam kenal…
    Numpang promosi nih!
    Ada yg mau kuliah dengan beasiswa? Belajar Wirausaha?
    Main ke blog kampusku – Makasih ya!

  12. dsa said,

    Oktober 31, 2007 pada 9:53 pm

    untuk s1 nya mana ne?????

  13. Gizal said,

    November 20, 2007 pada 6:50 am

    Saya mahasiswa teknik geologi UGM, saya ingin mencari beasiswa pendidikan perguruan tinggi.

  14. Gizal said,

    November 20, 2007 pada 6:51 am

    Saya mahasiswa teknik geologi UGM, saya ingin mencari beasiswa pendidikan perguruan tinggi. email dika.dharmawan@yahoo.co.id

  15. HERI said,

    Desember 19, 2007 pada 7:41 am

    CARA MENDAPATKAN INFO BEASISWA DARI YAYASAN INI GIMANA YA ?????

    >yuhana:
    coba aja hubungi sdm-iptek@habibiece nter.or.id

  16. pepy said,

    April 3, 2008 pada 9:30 am

    Btw, apakah dari yayasan ini juga dibuka beasiswa bagi akbid D3?
    trus apa saja syarat2 yang harus dipenuhi?

  17. Fatima said,

    Mei 15, 2008 pada 12:54 pm

    Q sudah d trima d akbid d3 gresik. Trus, q pingin mendapat beasiswa. Caranya, gmn?? Syaratnya apa saja.Terima kasih.

  18. Yayat Supriatna said,

    Mei 30, 2008 pada 10:24 am

    Apakah ada beasiswa untuk melanjutkan kuliah dari D3 teknik ke jenjang S1?

  19. Juli 18, 2008 pada 4:31 pm

    Assalamualaikum ww
    beasiswa untuk s2 ke malaysia ada ga? Saya ingin melanjutkan s2 ke malaysia. Mau ambil MBA ato Magister Management. Tolong informasinya.
    salam

  20. yoseph setyo p said,

    September 30, 2008 pada 10:22 pm

    hallow,salam sejahtera bagi kita semua.
    saya baru saj lulus dari SMA dan ingin melanjutkan study saya ke Jerman,saat ini saya masuk dalam sebuah manajemen yang mengajak saya untuk balajar di Jerman.
    saya ingin bertanya,apakah saya bisa mndapat beasiswa dari bapak Habibie,karena sebenarnya keluarga saya tidak mampu untuk membayar jaminan di Deutsche Bank.
    mohon balasannya.trima kasih.Tuhan memeberkati.

  21. sRiE_v3 said,

    Oktober 11, 2008 pada 4:04 pm

    aPa aja sih penunjang yang di maksud? dan apakah orang yang biasa-biasa aja dalam arti hal tidak terlalu pintar bisa mengikuti beasiswa tersebut?

  22. yasir said,

    Oktober 13, 2008 pada 6:16 am

    saya dari sastra indonesia S1, apakah ada beasiswa untuk s1 sastra, terutama sastra Indonesia ?

  23. adang muhlis said,

    Oktober 14, 2008 pada 1:37 pm

    saya mencari beasiswa untuk bisnis manajemen terutama akuntansi S1, kenapa yayasan ini tidak menyediakan program itu. demikian terima kasih.

  24. Ainoer Rahman said,

    Oktober 14, 2008 pada 1:44 pm

    hellow,,,,.,,. aq pengen mendapat beasiswa,.,.,jika aq kuliah nanti.,.,.,tolong donk…..,.,.,,,gimana caranya agar aq mendapatkannya,.,.,…,,.,.!!!!!!!!!!1?????????

  25. mala said,

    April 27, 2009 pada 4:28 pm

    ass,./…
    mw tanya ttg beasiswa akbid,,,,,,kira2 ada ga ya??

  26. Dina Fitria Murad said,

    Mei 26, 2009 pada 11:17 am

    Ikut Nimbrung dunk,,,saya seorang dosen di salah satu PTS, ingin sekali ambil S2 namun ada kendala di dana, apakah ada beasiswa untuk S2 nya pak/bu,,,

  27. mulyono said,

    Februari 12, 2010 pada 11:28 am

    di sma muhammadiyah 1 kepanjen untuk pembelajaran TIK, sarana prasana tidak sesuai dengan keadaan siswa. mohon untuk bantuan komputer apa dapat ya

  28. ilma said,

    April 29, 2010 pada 8:38 pm

    sudah hampir 3 tahun saya menunda kuliah, saya ingin sekali masuk d3 akbid,apa ada beasiswa untuk akbid??Mohon dipertimbangkan

  29. Ellen Trisnawati said,

    Mei 16, 2010 pada 9:07 pm

    saya mahasiswi kedokteran semester 6 di UIN jakarta, saya ingin dapat beasiswa tersebut cz saya kasihan sama orang tua saya, mereka sehari-hari bertani hanya untuk membiayai kuliah saya…
    lalu bagaimana syarat pendaftarannya, apa ada seleksinya? mohon diberi balasan. Terima kasih

  30. Ria Virera said,

    November 18, 2010 pada 7:21 pm

    kalo beasiswa untuk smk perhotelan gak ada yah..??

  31. Triana Nurhayati said,

    Januari 30, 2011 pada 4:12 pm

    saya mahasiswi di perguruan tinggi swasta program studi pendidikan ekonomi mohon beasiswa s1 tersebut trimaksih

  32. Februari 18, 2011 pada 12:32 pm

    mengapa cuma beasiswa S3 saja yang ada,,,
    tolong di publikasikan bagaimana untuk mendapatkan beasiswa S1..
    terimakasih

  33. Hanafi said,

    Februari 19, 2011 pada 11:12 am

    Assalam,aq hanafi pelu,ingin bertanya, apakah tidak ada bantuan untuk mahasiswa pascasarjana(S2)?mohon informasi

  34. linggar gilang trj said,

    Maret 10, 2011 pada 12:45 pm

    kalo buat SMA gimana yah?

  35. varys nico said,

    April 3, 2011 pada 11:52 am

    assalamualaikum,,
    minta tolong, apakah ada beasiswa s1 karena saya sedang mencari,, sekarang saya sudah semester6..

  36. ilham fauzi said,

    Juni 10, 2012 pada 12:42 pm

    assalamualaikum,,,

    klo mau ikut beasiswa dijurusan teknik penerbangan untuk siswa lulusan SMK apa bsa ???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: