Tentang E-Mule lagi

Masih ingat posting saya tentang download buku-buku dan CD free dan lengkap ? Disitu saya sebutkan tentang E-Mule, aplikasi peer to peer yang dapat digunakan untuk melakukan download file yang tersedia di komputer lain. Selidik punya selidik ternyata software ini dan sejenisnya telah dilarang digunakan karena termasuk melanggar hak cipta seseorang. Kenapa bisa begitu ?

Seperti kita ketahui dengan software ini kita bisa mendownload file buku ataupun lagu-lagu bahkan film yang sebenarnya harus beli atau ada ijin dari penciptanya. Adanya software ini menyebabkan hasil karya tersebut gampang sekali diperoleh tanpa membelinya dan ini jelas merugikan pihak penciptanya.

Temen saya bilang software ini memang dilarang untuk dipergunakan dan jika ketahuan polisi karena kita menggunakannya dan menyalahgunakan kita akan ditangkap. Tapi yang ironis masih banyak juga orang yang mempergunakan software ini dan polisi tidak melakukan tindakan apapun karena pelaku mempergunakannya untuk kepentingan pribadi dan tidak digandakan ataupun mengambil keuntungan darinya.

Jadi sebaiknya gimana?

3 Komentar

  1. galih said,

    April 20, 2007 pada 7:03 pm

    perkembangan web 2.0 yang semakin canggih akan menyebabkan tracking pelanggaran hak cipta akan semakin sulit. Misalnya saja penyebaran MP3. Zaman dulu (sekitar 1999) ada napster yang benar2 gratis yang akhirnya digugat banyak pihak sehingga sekarang tak seperti dulu. Namun begitu datang Multiply, dimana yang melakukan penyebaran adalah pengguna komunitas Multiply (Multiply hanya menyediakan tempat) kita bisa download MP3 senyaman napster dulu, hehehehe….

  2. qyut said,

    April 21, 2007 pada 7:16 pm

    tergantung tempat dimana kita berpijak koq..
    selama hukum di tempat tersebut tidak mempermasalahkannya, ya tidak masalah.

    yang penting disini adalah etika.
    jadi jika penggunaan file sharing untuk kepentingan yang baik, tidak merugikan orang lain, bukan untuk komersial demi keuntungan sendiri, ya tidak apa-apa kan?

    tapi download secara gratis memang menyenangkan karena GRATIS😀

  3. nRa said,

    Oktober 20, 2007 pada 12:07 am

    iya bu…
    saya tahunya kalo eMule itu dilarang setelah 30 menit saya selesai menginstall aplikasi itu🙂 … dan yang lebih membuat saya takut, saya barusan selesai download file tutorial sebesar 600 MB😦 . saya taunya dari poster yang terpajang didepan pintu kamar teman saya di Dorm, waktu mau ngisi air minum. Diposter itu tertera beberapa aplikasi P2P yang dilarang penggunaannya. Langsung deh di unistall eMulenya. Tapi sampai hari ini belum di interogasi polisi🙂 (jangan sampe deh) . Sekarang kembali hanya mengandalkan mbah Google untuk mencari tutorial🙂 .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: