Buang Sampah di Taipei

Buang sampah di Taipei mesti hati-hati, lihat dulu sampah apa yang mau kita buang dan tempat mana yang harus digunakan. Tidak sembarang tempat sampah bisa digunakan, ada pemisahan pembuangan sampah. Botol plastik harus dibuang ditempat botolo plastik, kaleng dengan kaleng, kertas dengan kertas dan sampah basah dengan sampah basah.

Truk pengangkut sampahpun kelihatan bersih dan tidak berbau karena sampah dibuang secara teratur. Pengolahannya pun menjadi mudah. Untuk sampah basah seperti bekas makanan diberikan ke peternakan babi sebagai makanan babi. Untuk sampah kering bisa dimanfaatkan untuk pembuatan souvenir atau direcycle dengan cara yang lain menjadi barang berguna. Sampah bukanlah suatu masalah, namun bisa menjadi sumber uang.

Bagaimana sistem ini bisa berjalan baik ? Selidik punya selidik, pemerintah kota taipei membagikan tong sampah yang berbeda-beda ini ke seluruh masyarakat. Tiap apartemen atau rumah mendapatkan 5 macam tempat sampah. Plastik harus beli sendiri dong🙂 . Selanjutnya waktu pembuangan, jika ketahuan ada yang mencampur sampah maka akan di denda sebesar 6500 NT (sekitar 1,8 juta rupiah). Dan aku pernah dapat cerita ada temen dari Indonesia yang pernah kena denda ini karena melanggar atau mungkin tidak tahu. Ya… dengan denda yang diberlakukan dan ketertiban serta ketegasan petugas membuat sistem ini bisa berjalan. Kapan Indonesia bisa seperti ini ?

Gambar berikut adalah tempat pembuangan sampah yang ada.

Tempat sampah di taipei

3 Komentar

  1. almuhandis said,

    Oktober 8, 2007 pada 7:47 pm

    Wah.. kalo mahasiswa Indo bisa bangkrut dong bu.. pas kena denda😀

  2. Oktober 9, 2007 pada 3:07 pm

    […] aku sempat cerita masalah sampah, nah yang ini cerita tentang di dalam MRT ah. Kenapa MRT nyaman, di dalam MRT suasanya aman dan […]

  3. harry said,

    Oktober 9, 2009 pada 10:33 am

    punya info tentang tempat sampah yang bagus..? tlg kabari aku… tq


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: