Machine Discovery

Semester ini aku hanya mengambil mata kuliah ini. Mata kuliah yang baru bagiku, dan baru aku temui disini. Profesor yang ngajar mata kuliah ini juga menyampaikan bahwa mata kuliah ini termasuk bidang baru dan belum banyak yang menekuni.

Seperti namanya, “discovery” berarti penemuan, yakni bagaimana menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Namun bukan berarti menemukan mesin tetapi bagaimana menggunakan mesin untuk menemukan suatu informasi yang belum ada.

Bidang ini merupakan irisan dari berbagai macam bidang diantaranya Artificial Intelligent (AI), data mining, machine learning, natural language processing, dan social network analysis . Kenapa dibilang irisan karena mata kuliah ini menggabungkan beberapa teknik yang terdapat dalam 5 bidang tersebut.

Lalu bagaimana bidang ini bisa diaplikasikan? ya… contohnya adalah, bagaimana mengartikan script / tulisan-tulisan kuno yang ada pada jaman prasejarah. Beberapa profesor yang bergerak dalam bidang ini meneliti hal tersebut, termasuk contoh lain bagaimana menemukan pola yang anomali seperti bagaimana mendeteksi adanya perusuh / kriminal dalam populasi tertentu. Berbeda dengan data mining, kalau data mining kita memiliki banyak data yang bisa kita training untuk mendapatkan pola tertentu. Sementara dari pola itu akan digunakan untuk mengenali data baru yang muncul termasuk dalam kategori mana. Kalau di maschine discovery bisa jadi tidak ada data sebelumya alias datanya tidak lengkap.

Hm… semoga aku bisa mengambil manfaat yang besar dari mata kuliah ini… aamien

2 Komentar

  1. han said,

    Oktober 26, 2007 pada 1:14 am

    mang km ambil apa toh

  2. Oktober 31, 2007 pada 6:01 pm

    aaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrggggggghhhhhhhhhhhhh
    pengen diajari


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: