Idul Adha 1428 H masih di Taipei

Idul Adha kali ini terasa hambar kurang lengkap karena masih dirayakan tanpa hadirnya keluarga di sekitar saya, apalagi masih ada perbedaan pelaksanaan jatuhnya hari raya. Kami merayakan hari raya pada hari ini, 19 Desember 2007. Beberapa muslim di Indonesia dan Malaysia masih akan merayakan hari raya idul adha besuk (20 Desember 2007), padahal wukuf di Arofah sudah dilaksanakan kemaren. Jika wukuf di arofah telah dilaksanakan kemaren (tgl 9 Dzulhijah) maka logikanya  hari raya idul adha (10 Dzulhijah)  jatuh pada hari ini. Sebagai orang awam saya tidak begitu paham, kenapa hari raya dilaksanakan berbeda padahal saya pernah dengar hadist nabi, jika suatu tempat telah melaksanakan hari raya maka seluruh muslim di belahan bumi manapun harus mengikuti.

Kalau perbedaan penentuan hari raya idul fitri mungkin masih masuk akal dalam artian ada yang menggunakan cara perhitungan bulan dan ada yang melihat bulan untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Syawal. Namun mengapa 10 Dzulhijah berbeda, padahal untuk hari raya idul adha patokannya semestinya adalah wukuf di Arofah. Entahlah, adakah pembaca yang bisa bantu saya untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya ini?

Ada yang istimewa dalam idul adha kali ini, yaitu akhirnya saya ketemu juga dengan mbak Novy yang pernah komen di blog saya dan pengen ketemu, beserta keluarganya. Beliau dan anak-anaknya sedang menemani suaminya untuk tugas belajar mendalami ilmu kedokteran disini selama satu tahun. Kami bertemu usai menunaikan sholat Id. Saya senang sekali karena ternyata dengan blog ini selain menyalurkan hoby dan melepaskan kejenuhan saya mendapatkan banyak sahabat-sahabat baru. Beberapa ketemu, beberapa tetap keep contact. Pasti pernah ingat saya ketemu juga dengan salah satu sahabat yang komen di blog saya, Ambar. Semoga persahabatan ini tidak hanya di dunia maya, namun bisa juga dilanjutkan di dunia nyata.

Anyway, untuk sahabatku, karib, kerabat dan seluruh saudara muslim dimanapun berada “Selamat hari raya Idul Adha 1428 H”.  

10 Komentar

  1. ario said,

    Desember 19, 2007 pada 2:27 pm

    Subhanallah…
    Ternyata “betah” juga di taipe bu..😀

    Semoga cepat kelar biar ngumpul lg bareng keluarga..
    Bukankah saudara muslim dimanapun adalah keluarga kita? so, jangan terasa hambar bu…🙂

    Anyway, disini puasa sunnah kemarin.. tapi sholatnya baru besok (kamis)

    Jia Yo…

    >yuhana:
    iya, sebenarnya dah pengen pulang🙂 tapi gmn lagi, belum selesai. Semoga saya bisa segera selesai dan kembali ke tanah air, aamien. Doakan ya.
    Memang benar semua saudara muslim juga keluarga kita. Jadi harusnya nggak terasa hambar ya. Thx yo, kok lama nggak muncul kemana? lagi sibuk ya

  2. galih said,

    Desember 19, 2007 pada 2:43 pm

    Setiap kali hari raya, saya sedih karena masalah perbedaan perayaan dan pelaksanaan hari raya selalu diributkan, selalu dipermasalahkan, selalu dicari alasan-alasan pembenaran pendapat masing-masing. pusing sendiri baca bermacam-macam penjelasan dengan berlusin-lusin dalil tapi tidak konklusif. inilah wajah kita, bangsa indonesia, meributkan hal-hal yang tidak seharusnya diributkan….

    >yuhana:
    Iya lih, kapan ya seluruh umat islam akan bersatu?

  3. aji putra said,

    Desember 19, 2007 pada 3:30 pm

    belum pernah aku ngerasain hari raya tanpa keluarga…. pasti rasanya sunyi ya…

    >yuhana:
    Hm.. yah begitulah😥 apalagi tidak ada acara bakar-bakar sate bersama seperti yang biasanya saya lakukan bersama ayah, masih terasa bumbu sate buatan ayah adalah bumbu sate ternikmat yang pernah saya rasakan. Tapi alhamdulillah, masih banyak saudara muslim sebagai keluarga disini.

  4. novy aerialzy said,

    Desember 20, 2007 pada 6:48 pm

    Assalammualaikum.Wr.Wb.
    Alhamdulillah,.. blog ini telah memanjangkan tali silaturrahim. Terima kasih Yuhana,..kami senang akhirnya bisa kenalan langsung setelah sholat Ied di Taipei Grand Mosque. Subhanallah,…jamaah sholat di masjid ini, colourfull ya. Semua warna kulit manusia dari seluruh belahan bumi berkumpul di sini. Bukti bahwa islam itu global, tidak mengenal sekat apapun. Semestinya untuk sholat juga global. InsaAllah keterangan dari jubir HTI ini, bisa menjawab pertanyaan Yuhana, http://ayok.wordpress.com/2007/12/13/perbedaan-penetapan-idul-adha-1428-h/

    >yuhana:
    wa’alaikum salam,
    Makasih mbak referensinya, sedih memang rasanya melihat adanya perbedaan yang ada sekarang ini, semoga islam kembali berjaya lagi sehingga umat tidak dibingungkan dengan hal-hal yang telah jelas. Aamien.
    Oh ya, kemaren waktu sholat jum’at saya ketemu mbak Dita lho, yang skr lagi belajar juga di NCU, Tainan, bersama suaminya. Kejadiannya sama dengan mbak novy, kenal saya melalui blog dulu, begitu kenalan beliaunya langsung bilang kalau sudah kenal saya melalui tulisan saya. Selain memanjangkan tali silaturahim, semoga coretan-coretan sederhana saya ini bisa bermanfaat untuk saya dan pembaca. Maaf jika tidak semua kisah pertemuan dengan sahabat2 semua saya tuliskan dalam catatan kecil saya ini🙂

  5. ambar said,

    Desember 21, 2007 pada 12:16 pm

    selamat iedhul adha Yuhana. Saya kecelik ngga bisa sholat di Da’an Mosque. Sekalian pamit ya, besok saya meninggalkan Taipei. Entah kapan nanti semoga bisa mampir lagi. Wassalam. Ambar

    >yuhana:
    Thanks, Selamat jalan juga mbar, mungkin lain kali kita bisa ketemu darat seperti waktu di Taipei entah dimanapun tempatnya, yang pasti kita khan masih bisa saling silaturahmi dengan saling mampir ke rumah maya kita🙂 . Aku masih simpan foto kita yang di kdei kok

  6. ario said,

    Desember 21, 2007 pada 2:19 pm

    Masih Sibuk nih bu.. Siti-siti bubuk.. hehehehe😀

    Sering nongol tapi ga ngasuih comment..

    Jia Yo…

  7. religius said,

    Desember 21, 2007 pada 10:02 pm

    jangan sedih ya bu…?

    >yuhana:
    thanks

  8. alief said,

    Desember 22, 2007 pada 1:14 am

    bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/🙂

    >yuhana:
    wah lief, ini komen ma postingnya kok nggak nyambung ya😀. Tapi nggak masalah silahkan aja, thx ya dah mampir ke blogku

  9. novy said,

    Desember 24, 2007 pada 10:42 am

    assalammualaikum.Wr.Wb.
    mumpung inget,..maturnuhwun kiriman fotonya dah aku terima,. insaAllah yg untuk Sali nanti aku sampaikan. Yuhana,..aku dulu waktu kuliah di Yk punya teman namanya Ambar, asalnya dari Solo. Ambar temannya Yuhana itu orang solo bukan ? Boleh tahu ga nama lengkapnya ?

    >yuhana:
    wa’alaikum salam wr wb
    sama-sama mbak, semoga bermanfaat. Tentang ambar, waktu ketemu saya lupa nanya asalnya dari mana. Mungkin agar ambar sendiri yang cerita kalau dia mampir lagi dan lihat pertanyaan mbak novy. Atau kalau pengen tahu banyak coba kunjungi blognya di http://ambarbriastuti.blogspot.com/

  10. Temmy Faal Anggasa said,

    Desember 1, 2008 pada 1:04 pm

    Dear Yuhana,
    Salam kenal…saya Temmy … saya akan dapat tugas ke taiwan untuk test mesin mulai tanggal 7 – 12 desember 2008.. cuma jadual berangkatnya kebetulan menjelang dan bertepatan dengan idul adha .. makanya saya cari tahu tentang shalat idul adha di Taiwan.. Barangkali bisa kasih tahu saya Idul Adha di Taiwan tepatnya tanggal berapa n di mesjid mana saya bisa ikut shalat? Saya akan tinggal di Taipei. Terima kasih sebelumnya.

    Salam,

    Temmy


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: