Kuliah Machine Discovery yang Mengesankan

Hari ini adalah kuliah terakhir untuk mata kuliah Machine Discovery yang aku ambil semester ini. Alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan mata kuliah ini meski dengan banting tulang, penuh keringat dan air mata (jieee, hiperbola banget😛 ) . Banyak sekali yang aku dapatkan dari mata kuliah ini, antara lain tentang teory, teknik-teknik/algoritma, berbagai studi kasus dalam machine discovey, social network dan juga teknik dan programming bagaimana menemukan knowledge dari online database seperti dari flickr, wikipedia, dan aplikasi social network online yang dikemas dalam project akhir.

Berbagai perasaan aku alami selama ngambil mata kuliah ini, namun mata kuliah ini termasuk mata kuliah yang aku senangi (meski disampaikan dalam bahasa mandarin) dari sisi perkuliahannya yang penuh dengan hal-hal yang baru dan uptodate, profesornya yang memiliki banyak karya dan penuh perhatian dengan semua mahasiswanya serta senantiasa memberikan bimbingan dengan baik, tugas-tugasnya yang mendukung untuk memahami seluruh isi mata kuliah yang terbagi atas tugas programming, tugas baca paper dan presentasi (untuk memahami dan mendalami hasil penelitian orang lain) dan essay yang merupakan rangkuman dari mata kuliah secara keseluruhan. Profil beliau dapat dilihat disini. Bisa dibilang saya nge-fans dengan beliau dalam keprofesionalannya. Semoga aku bisa mengikuti jejak beliau dalam hal menularkan ilmu, aamien🙂

Ini adalah salah satu tugas dalam machine discovery untuk membuat essay (machinediscovery_essay.pdf), sebagai pengingat dan penyemangatku bahwa aku pernah hadir dalam kelas yang inspiratif🙂.

Many thanks to Prof. Shou De Lin

4 Komentar

  1. dzaia-bs said,

    Januari 12, 2008 pada 2:43 am

    “…(meski disampaikan dalam bahasa mandarin)”

    heee…? emang ngerti mbak?
    saya juga ada tuh, kelas yg byk pake zhongwen daripada yingwen…
    pusying euy…😦

    >yuhana:
    justru itu jay, makanya ada tulisan “….meski dengan banting tulang, penuh keringat dan air mata”. Aku harus peras otak untuk bisa memahami mata kuliah ini dengan tugas-tugasnya yang tidak mudah. Tapi alhamdulillah, Allah memberikan banyak kemudahan di dalamnya. Jadi ingat QS. AL- Insyirah(94) ayat 5-6 : “Fainna ma’al ‘usri yusro, inna ma’al ‘usri yusro” (Sebab sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan). Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

  2. almuhandis said,

    Januari 12, 2008 pada 10:30 am

    Subhanallah..
    perasaan campur aduk baca tulisannya ibu.. ikut senang, ngerasa beratnya, tapi finally, tetap dibingkai dengan pujian kepada-Nya.. Maka nikmat manakah yang terindah selain meletakkan Allah sebai zat tunggal yang kita Cintai..

    Sukses bu..🙂

    >yuhana:
    Terima kasih doanya, semoga Ario juga sukses dalam semua amanah yang diemban saat ini, kuliah, riset, juga dakwah.. aamien

  3. nRa said,

    Januari 12, 2008 pada 7:37 pm

    whihihi…
    klo saya udah kabur duluan bu liat kelas kaya’ gini…😀
    padahal baru baca sekilas dari post ibu.
    semoga profesionalismenya menular yah bu…

    >yuhana:
    Aamien…

  4. Wiyli said,

    Januari 14, 2008 pada 11:43 am

    Hi….i have been joining in wordpress blog…., senang ada teman bisa dapat ilmu banyak di negeri orang….jangan lupa ditularin sama orang Indonesia ya… Machine Discovery is my favorite field…it is very close with me.

    >yuhana:
    OK mbak, selamat ya atas rumah barunya, insya allah saya akan sering maen kesana.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: