أَهذ و مَاهذا — Apakah ini …. ? dan ini apa ?ا

مَا هذا (maa haadza) berasal dari kata مَا (maa) yang artinya apa dan هذا (haadzaa) yang artinya ini. مَا هذا (maa haadza) artinya ini apa ? digunakan untuk menanyakan nama suatu benda yang ditunjuk penanya.
أهَذَا(a haadzaa) digunakan untuk menanyakan apakah sesuatu yang ditanyakan itu benar atau salah. Jawabannya ada 2 yaitu نَعَمْ (benar) lalu menyebutkan nama bendanya dan لاَ (bukan atau tidak) kemudian menyebutkan nama benda yang benar.

Contoh penggunaan kalimat :

  1. Misalkan seseorang menunjuk kursi lalu dia tanya,  “ini apa ?”, maka penjawab akan menjawab, ” ini kursi”. — مَا هذا؟  – maa haadza ? (ini apa ?)  هذا كُرْسِيٌ – haadza kursiyun (ini kursi).
  2. Misalkan seseorang menunjuk rumah, lalu dia tanya, “apakah ini kursi ?” maka penjawab akan menjawab, “bukan, ini adalah rumah”.     أ هذا كُرْسِيٌ ؟ – a haadza kursiyun ? (apakah ini kursi ?) – لاَ، هذا بَيْتٌ – laa, haadzaa baitun (bukan, ini rumah)
  3. Misalkan seseorang menunjuk rumah, lalu dia tanya, “apakah ini rumah?” maka penjawab akan menjawab, “iya, ini adalah rumah”.  أَ هذا  بَيْتٌ ؟ – a haadza baitun ? (apakah ini rumah ?) – نَعَمَْ، هذا بَيْتٌ – na’am, haadzaa baitun (iya, ini rumah).

Daftar kosa kata untuk kata benda :

  1. بَيْتٌ (baitun) = rumah
  2. مَسْجِدٌ (masjidun) = masjid
  3. كِتَبٌ كِتَا بٌ(kitaabun) = kitab
  4. قَلَمٌ (qolamun) = pena
  5. مِفْتَاحٌ (miftaahun) = kunci
  6. مَكْتَبٌ (maktabun) = meja
  7. سَرِيْرٌ (sariirun) = tempat tidur
  8. كُرْسِيٌ (kursiyun) = kursi
  9. قَمِيْصٌ (qomiishun) = baju
  10. نَجْمٌ (najmun) = bintang

4 Komentar

  1. April 18, 2008 pada 11:21 pm

    Duh malu ama mbak yg satu ini😳
    sempet2nya belajar bhs arab

    in dah g sempat nih
    ntar ajarin in ya
    sambil masak😀

    >yuhana:
    adik bisa aja, mbak mah nggak ada apa-apanya ma dikau, yang ngurusi macam2. Doakan deh semoga semuanya lancar, mbak lagi belajar banyak hal nih untuk persiapan target berikutny🙂

  2. nRa said,

    April 19, 2008 pada 11:10 pm

    klo gitu ntar waktu ketemu ngobrolnya pake arabic aja, whehe🙂
    gak bolah pake bahasa Indonesia …😀

    >yuhana:
    boleh, nRa khan ikutan belajar juga he he

  3. izzadwje said,

    April 23, 2008 pada 12:41 am

    Misalkan seseorang menunjuk rumah, lalu dia tanya, “apakah ini kursi ?” maka penjawab akan menjawab, “bukan, ini adalah rumah”. إَ هذا كُرْسِيٌ ؟ – a haadza kursiyun ? (apakah ini kursi ?) – لاَ، هذا بَيْتٌ – laa, haadzaa baitun (bukan, ini rumah)

    izzadwje>>>
    lebih baik lagi di sertai kata penyangkal بل ” bal ”

    إَ هذا كُرْسِيٌ ؟

    لاَ،بل هذا بَيْ

    >yuhana:
    Terima kasih dizz, kalau ada yang kurang tambahin ya, maklum lah namanya juga belajar otodidak, jadi ya gurunya adalah buku-buku. Yang lain juga kalau ada yang salah tolong dibenerin juga ya, siapa tahu ada yang mau jadi guru bahasa arab saya ….🙂

  4. ratnodp said,

    Mei 1, 2008 pada 3:19 pm

    Penulisan اَ هذا nampaknya kurang tepat. Karena bersuara ‘a’ maka hamzah-nya seharusnya ‘ditumpangkan’ di atas alif dan bukan ditaruh dibawahnya. Karena bila ditaruh dibawah akan dibaca ‘i’.
    Untungnya dibantu dengan kehadiran fathah jadi orang akan membaca ‘a’ nah kalo gundul? Pasti orang akan langsung membacanya ‘i’

    satu lagi : kitaabun. tulisan arabnya salah tuh, takutnya kalo tertulis seperti itu dan bila tanpa harokah, orang akan membacanya kutubun (pluralnya kitaabun). Tau kan salahnya di mana?

    Wallahu a’lam bishshawab

    Tetap semangat ya Bu!!

    >yuhana:
    Thanks again, iya nih saya yang kurang teliti nulisnya (insya allah yang salah-salah dah diganti) . Ya dah.. jangan lupa ikuti pelajaran berikutnya ya biar kalau ada yang salah bisa benerin, syukur-syukur kalau mau nambahin biar yang lain juga bisa ikutan belajar. Insya Allah semakin semangat !!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: