Berkeluarga dan Bermasyarakat

Bagi yang telah menikah dan tinggal bersama suami dan keluarga mau tidak mau harus terjun ke masyarakat untuk berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Bagi keluarga muda yang tinggal di lingkungan perumahan kadangkala bingung juga apa yang harus dilakukan dalam bergaul dengan masyarakat sekitar. Bagaimanapun juga mendidik anak dan keluarga merupakan hal yang kompleks. Lingkungan tempat tinggal kita sangat mempengaruhi bagaimana pembentukan anak-anak kita, juga bagaimana kesejahteraan keluarga kita secara fisik maupun mental.

Seperti sewaktu pertama kali kami pindah ke perumahan baru di “Kota Baru Driyorejo Gresik” yang rata-rata dihuni oleh keluarga muda pada tahun 2004. Sempat ada kebingungan apa yang harus dilakukan. Kami termasuk keluarga ke 10 yang menempati perumahan baru pada waktu itu. Total jumlah rumah di komplek kami (Jl. Zamrud) adalah sekitar 100 rumah. Masih ada komplek lain disekitar komplek kami. Bisa dibayangkan bagaimana sepinya ketika hanya ada 10 keluarga yang tinggal di kompleks perumahan kami.

Selang satu tahun akhirnya perumahan kamipun penuh. Hampir seluruh pemilik rumah menempati rumah barunya. Akhirnya ada inisiatif untuk membentuk lingkungan RT pada tahun 2005. Prinsip keluarga kami adalah dimanapun kami berada, kami berusaha untuk bisa bermanfaat bagi orang-orang disekitar kami. Akhirnya kamipun aktif dalam lingkungan RT dan diminta untuk menjadi sekretaris RT. Ketika kami membentuk RW pak RWpun meminta suami untuk menjadi sekretaris RW dan bu RW meminta saya untuk menjadi sekretaris PKK RW. Hm… hal yang tidak mudah, apalagi kami tidak memiliki pengalaman tentang kemasyarakatan. Dulu waktu tinggal di desa jarang ada kegiatan2 RW atau kampung kecuali menjelang peringatan 17 agustus.

Berbekal pengamatan ke daerah lain, bertanya sana-sini dan browsing sana-sini akhirnya kami memiliki inisiatif bagaimana mengembangkan wilayah Zamrud tempat kami tinggal agar menjadi lingkungan yang nyaman untuk kami tempati. Berbagai program kerjapun kami selenggarakan. Hidup dimanapun bukanlah main-main dan kita memang harus serius untuk menjalankannya. Jika di kampus ya berusaha menjadi elemen kampus yang baik, jika di rumah ya berusaha menjadi bagian keluarga dan masyarakat yang baik.

Bagi yang berkeluarga dan ingin ikut serta membangun lingkungan disekitar keluarga, tidak ada salahnya membaca catatan kecil saya tentang keluarga dan lingkungan kami yang ada di link ini http://zamrudkbd.wordpress.com/. Catatan itu berisi catatan tentang sebagian kegiatan di lingkungan kami, ide, artikel, impian dan link yang mana kami berharap bisa kami gunakan untuk membantu membuat keluarga dan lingkungan kami sejahtera. Ada juga tentang PKK, posyandu, kegiatan dasa wisma, bayi, dan lain-lain. Mampir ya🙂

1 Komentar

  1. djiwandou said,

    Mei 14, 2008 pada 9:47 am

    Assalamualaikum… Bu, artikelnya bagus..
    InsyaAllah bermanfaat, buat saya kalo berkeluarga kelak… Amiin…
    doakan ya Bu..🙂

    Ibu akhir2 ini jarang OL YM nya? sibuk ngerjakan Tesis ya Bu?

    sukses buat Tesisnya…🙂
    Wass wr wb

    >yuhana:
    wa’alaikum salam wr wb.
    aamiin, makasih ya. Iya nih.. lagi sibuk ma thesis, makasih doanya ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: