Alhamdulilllah, Ahirnya Hari itu Datang juga

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha ilallahu allahu akbar.

Puja dan puji syukur tak henti-hentinya kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Atas iringan lantunan doa dari ayah bunda, suami, seluruh keluarga juga teman dan sahabat-sahabatku semua, dan atas ijinNya, akhirnya saya bisa melewati hari ini dengan penuh kemudahan dan kelancaran. Hari yang penuh mendebarkan dalam ruang sidang berukuran 5 x 5 meter persegi jam 1.10-2.10 waktu taiwan untuk sidang oral defense. Terima kasih saya ucapkan untuk semuanya yang telah memberikan doa dan semangatnya hingga akhirnya saya bisa lulus dalam ujian ini.

Rasa haru dan bahagia menyeruak ketika ucapan selamat datang pertama kali dari para penguji. Lega rasanya bisa melewati hari yang telah ditunggu2 sebagai pintu gerbang untuk kembali ke pangkuan keluarga dan ibu pertiwi. Satu buket bunga dari Tien, yang pernah menjadi roomate-ku satu tahun yang lalu turut menghiasa kebahagiaan ini. Ucapan selamat mengalir dari keluarga dan para sahabat juga teman-teman, baik yang ada di Taiwan maupun di Indonesia.

Hari ini tidak datang begitu saja, seluruh persiapan yang dilakukan selama satu tahun terakhir termasuk beberapa persiapan rumit menjelang ujian.

Berikut catatan kecil tentang persiapan menjelang ujian:

Kucoba menuliskan catatan kecil tentang pengamatanku di group dan labku. Ada beberapa hal yang dilakukan menjelang ujian defense tugas akhir. Bagi yang merencanakan untuk ujian, professor meminta untuk melakukan dry run alias latihan presentasi di group meeting. Lumayan juga, dalam latihan ini beberapa teman membantu menghitung waktu karena waktu presentasi hanya sekitar 30-40 menit.

Selain latihan presentasi yang tidak hanya sekali, bagi calon peserta ujian harus pesan tempat ujian (hm… kalau di kampus ITS dosen yang melakukannya). Kemudian setelah tempat fix mahasiswa harus mengumpulkan formulir pendaftaran ke TU dan akan mendapatkan surat undangn resmi yang akan diberikan sendiri oleh mahasiswa kepada dosen penguji. Sebelum memberikan surat undangan resmi ini mahasiswa harus mengirim undangan via email secara tidak resmi untuk meminta penguji bersedia menjadi penguji dan datang saat ujian sambil menuliskan waktu dan tempat ujian. Draft diberikan bersamaan dengan pemberian surat undangan. Orang taiwan menyebutnya “limao” atau kesopanan untuk menyampaikan undangan itu sendiri. Jadwal yang menyusun adalah dosen pembimbing termasuk yang menentukan penguji adalah dosen pembimbing. H-1 mahasiswa harus membersihkan ruangan yang akan dijadikan tempat ujian. Pada hari H mahasiswa harus menyiapkan snack dan makanan untuk penguji, makanan bisa diambil di jurusan, namun untuk snack biasanya dikoordinasi oleh lab. Teman-teman yang tidak ujian bertugas untuk membantu menyiapkan.

Semua dokumen harus disiapkan termasuk draft, handsout ppt dan juga form penilaian untuk ujian. Semuanya harus diurus mahasiswa sendiri. Alhamdulillah semuanya telah berlalu dan tinggal menyelesaikan revisi dan juga seluruh persyaratan dan dokumen untuk kelulusan. Buat sahabat2ku yang masih berjuang untuk thesis, disertasi maupun ujian kualifikasi, semangat ya, semoga Allah semantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran.

Ini ada foto yang sempat diambil usai ujian, bersama professor pembimbing (putri) dan profesor penguji lainnya. Thanks to all, semoga ilmu yang saya dapatkan di bumi formosa ini menjadi ilmu yang bermanfaat.. aamiin.

 

4 Komentar

  1. dzaia-bs said,

    Juni 4, 2008 pada 6:30 pm

    wah, repot juga ngurusin persiapannya ya mbak…
    belom lagi ditambah nervous pra-sidang…
    sekali lagi, SELAMAT & TERIMAKASIH mbak yuhana…
    SELAMAT atas keberhasilan menempuh oral defense dan lulus dari NTU…
    TERIMAKASIH atas kiriman2-nya ke kotak 152 selama ini…🙂

    >yuhana:
    Sama-sama, makasih ya Jay, semoga kalian nanti juga lancar. Makasih juga atas doanya dan juga kiriman2 ke kotak 211🙂

  2. Fathim said,

    Juni 5, 2008 pada 7:42 am

    selamat budhe…..satu tahap sudah terlampaui…sekarang udah plong yah, tinggal tunggu pulang ke indonesia. Ayah masih juga udah open presentation tapi ujiannnya baru awal juli besok. Sampai ketemu di Indonesia..tepatnya di Driyorejo yah budhe..

    Fathim

    >yuhana:
    alhamdulillah, terima kasih ya. Budhe juga ucapin selamat untuk ayah. Semoga ujiannya ayah juga berjalan lancar dan adik juga lahir dengan lancar🙂 Sampai jumpa di Driyorejo

  3. nanik said,

    Juni 5, 2008 pada 10:21 am

    Selamat bu Yo. Mudah2xan ilmu yang sudah didapat bermanfaat untuk benteng takeshi kita (me-refer istilah bu Iin), sehingga menjadi lebih kuat dan cerah (me-refer istilah bu Bilqis).

  4. nRa said,

    Juni 5, 2008 pada 10:30 pm

    alhamdulillah akhirnya selesai juga yah bu,
    semoga tahun depan giliran saya yang maju … hehehe, amiin.

    Selamat yah bu… sekali lagi selamat🙂
    selamat kembali ke negeri tercinta….
    saya juga mo kembali kenegeri tercinta bu, tapi ntar harus balik lagi ke Taipei🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: