Memilih Alat Komunikasi / Telp di Jepang

Ketika berada jauh dari rumah, komunikasi pasti sangat diperlukan. Selama satu bulan disini ada beberapa hal berkenaan dengan telp yang mungkin bisa saya bagi dengan rekan-rekan yang mungkin membutuhkan. Meski info ini tidak lengkap tapi paling tidak semoga cukup membantu.

Ada beberapa alternatif alat komunikasi yang bisa digunakan:

  1. Jika anda membawa handphone 3G, maka handphone tersebut bisa digunakan di Jepang juga. Tinggal beli kartu prabayar atau pake kartu dari Indonesia yang support roaming luar negeri. Tapi untuk seperti ini lumayan mahal biaya roaming yang harus dikeluarkan, tapi untuk sekedar menghubungi keluarga begitu nyampe di Jepang masih OK.  Negara jepang berbeda dengan negara lain. Ketika saya di Taiwan dulu hp yang bisa dipake di Indonesia juga bisa dipake di taiwan, tinggal ganti kartu saja.
  2. Jika tidak memiliki handphone 3G, anda bisa beli handphone jepang, tapi dengan syarat tinggal disini minimal 2 tahun. Pesawat HPnya gratis, cuman perlu bayar biaya bulanan (pasca bayar). Beberapa operator bisa jadi pilihan seperti Softbank, E-mobile, dll. Namun handphone khusus jepang ini tidak bisa dipakai di negara lain. Bisa tapi harus di-unlock dan biaya unlock katanya di Indonesia sekitar 600 ribu rupiah (jika ada yang bisa meng-unlock).
  3. Jika hanya tinggal sebentar dan tidak memungkinkan beli handphone seperti nomer 2, masih bisa beli handphone global (bisa dipake di Jepang dan negara lain)- HP 3G seperti kasus no 1. Harga HP yang ini untuk merek yang sama biasanya lebih murah dibanding beli di Indonesia. HP ini bisa diisi kartu prabayar.
  4. Jika tidak punya dan tidak ingin beli HP di Jepang, cara paling murah adalah menggunakan skype. Tapi yang ini perlu sambungan internet dan install skype, serta punya user password skype. Biasanya untuk beli kartu skype perlu kartu kredit. Jika tidak memiliki kartu kredit bisa minta tolong dibelikan temen yang punya kartu kredit. Kalau di Taiwan, skype bisa dibeli di family mart, tapi di jepang ternyata lain. Jika keluarga di Indonesia terhubung dengan skype juga nggak perlu beli kartu karena sesama skype gratis.
  5. Cara yang paling gampang adalah membeli kartu telepon seperti Brastel, Sadia, KDDI, dan kartu-kartu yang lain. Kartu telepon seperti ini bisa didapatkan di kombini (convenient store) seperti Lawson, Family mart, dll. Anda bisa menggunakan telepon umum internasional atau telp rumah ataupun handphone untuk memakainya. Saya sudah mencoba beberapa kartu ini. Yang paling jernih suaranya adalah Brastel, tapi agak mahal sih harganya. Saat saya beli 2000 yen cuman bisa dipakai 39 menit. Sadia yang 1000 yen bisa dipake selama 29 menit (lebih murah) namun suaranya tidak sejernih Brastel. KDDI juga jernih, tapi hampir sama dengan Brastel, agak mahal. Kartu telepon yang dibeli di kombini biasanya bisa diisi ulang, tinggal tunjukkan kartunya saja dan bayar. Tapi jika anda bisa menemukan toko atau orang Indonesia yang menjual kartu murah akan lebih hemat. Sewaktu di Tokyo (di akihabara) saya beli KDDI yang tidak bisa diisi ulang (sekali pake) harganya 2200 yen bisa dipakai selama 2 jam 5 menit. Tapi kualitas suaranya juga tidak begitu jernih dan ada jeda (yah namanya aja murah🙂 )
  6. Anda juga bisa menggunakan VOIP. Untuk VOIP ini saya tidak memiliki pengalaman cara menggunakannya, tapi katanya juga murah dan kualitasnya bagus.

Semoga sedikit informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang hendak melakukan perjalanan ke Jepang atau akan tinggal di Jepang tapi bingung cari info tentang telp🙂

Ada yang mau nambahin ?

 

10 Komentar

  1. fety said,

    November 6, 2009 pada 10:08 pm

    mbak yuhana bisa beli KDDI GOGO yang harganya 2000 yen. Baik ke telepon rumah atau handphone waktu bicara sekitar 77 menit. Lumayan lama, dan suaranya juga jernih. Tapi, pakai skype lebih murah lagi, walaupun memang harus menggunakan kartu kredit untuk membeli pulsanya.

    >yuhana: iya mbak, kartu yang saya dapat di akihabara itu sepertinya KDDI GOGO, tapi selain disana dimana ya bisa ngedapetin lagi?

  2. fety said,

    November 7, 2009 pada 8:05 pm

    beli aja di kombini, mbak. klo di chiba KDDI Gogo juga dijual di seven eleven, sunkus, dan ministop.

    >yuhana: ok mbak, thanks ya

  3. galihsatria said,

    November 9, 2009 pada 12:48 am

    Yahoo Messenger voice, GTalk, meski kelihatannya lightweight tapi masih bisa dipakai. Pakai koneksi eceran ala modem 3G udah cukup lancar, paling tidak itu pengalaman dulu waktu interview dengan perusahaan di London. (entah kalo di jepang)

    >yuhana: thanks lih infonya, wah dah lama nggak main nih🙂

  4. Musa said,

    Desember 24, 2009 pada 2:41 pm

    Nice info ^_^

  5. Myth said,

    Maret 6, 2010 pada 1:09 pm

    mao tanya juga neh walau melenceng. hehe…

    kalo bulan mei di sana lg musim semi yah? suhu nya tau ga berapa derajat n pakaian apa yg mau di bawa?

    thx…

  6. sakura said,

    Juli 21, 2011 pada 6:34 pm

    thank..banget ya..kak..informasinya…salam persahabatan..

  7. narwan said,

    Januari 11, 2012 pada 6:01 pm

    kalau perbulan yang mengunakan 1orang bisa lbih murah gak,soal`Y sy keberatan kalau 1bulan 1man/1juta?

  8. September 23, 2012 pada 10:54 am

    Kalau masalah HP 3G yang dibawa dari Indo, voltase d Jepang kan berbeda ama di Indo ! nah itu gmana mas klo kita mw ngecaharge HP yg udah low bat ???

  9. yunarista said,

    November 10, 2015 pada 8:21 pm

    saya mau tanya hp yang telah dipakai dijepang dan sudah di unlock apa bisa dipakai lagi di negara jepang ?

  10. refan said,

    April 5, 2016 pada 5:59 pm

    Waaaah makasih banyak infonya tentang komunikasi gan. menambah wawasan kami yang ga ngerti. heheh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: