Kompetisi Pemilihan Peneliti Perintis Terbaik ITS 2009

Sebenarnya pengalaman ini saya alami beberapa hari yang lalu. Tapi baru sempat nulis hari ini🙂. sekitar pertengahan oktober 2009, ketika saya masih di Jepang, saya baca email di milist dosen informatika dan website lppm tentang kompetisi ini. Kompetisi ini diselenggarakan oleh LPPM-ITS dalam rangka memperingati ulang tahun ITS yang ke 49.

Setiap peserta diharuskan mengirimkan biodata yang berisi data pribadi, golongan, pangkat dan jabatan beserta daftar penelitian yang didanai dan publikasi dari bulan november 2008 sampai dengan november 2009 beserta buktinya. Publikasi yang dimaksud bisa berupa jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan tidak terakreditasi, jurnal internasional, proceeding di konferensi internasional dan proceeding di konferensi nasional, buku yang berhasil ditulis, serta daftar paten jika ada.

Alhamdulillah sekembali dari tugas belajar di Taiwan, juli 2008, saya memiliki beberapa anak bimbing tugas akhir. Bersyukur semua anak bimbing saya saat itu berhasil mendapatkan nilai A untuk tugas akhirnya. Berangkat dari situ saya coba publikasikan beberapa hasil penelitian dari pembimbingan tugas akhir ini. Selain itu alhamdulillah ketika saya mencoba membuat proposal penelitian, ada yang ketrima dan mendapatkan dana hibah.

Berbekal 3 penelitian yang didanai selama kurun tahun 2008-2009, 3 publikasi di jurnal nasional, 1 publikasi di jurnal nasional terakreditasi, 4 makalah di konferensi internasional, dan 4 makalah di seminar nasional saya mencoba mengikuti kompetisi ini.

Saat itu saya berpikir iseng-iseng berhadiah (menurut saya hadiahnya lumayan cukup besar untuk tingkat ITS🙂 ). Bismillah, saya coba buat biodata dan daftar penelitian dan publikasi, kemudian minta tolong ruktin membantu mengumpulkan dokumen yang terkait (bukti makalah dan SK – karena saya berada di Jepang sementara semua dokumen ada di kampus di Indonesia) saya coba ikuti kompetisi ini.

Alhamdulillah, tanggal 9 November 2009, ketika saya di Osaka, saya mendapatkan berita dari pak Yudhi Purwananto, kajur teknik Informatika bahwa saya harus hadir di acara upacara dies natalis tanggal 10 Nov 2009 untuk mendapatkan penghargaan sebagai peneliti perintis terbaik ITS tahun 2009 nomer 1 (ada 2 nominasi yang dipilih). Nomer 2 diraih oleh bu Har dari Teknik Material. Puja dan puji syukur yang sedalam-dalamnya tak henti-hentinya saya panjatkan ke hadiratNya sebagai bentuk rasa syukur, senang, bahagia yang campur aduk.

Selain kategori peneliti perintis, ada kategori peneliti produktif (kategori untuk yang sudah S3). Dari sekian banyak yang ikut saya dengar pak Arif wijaya dari Teknik Perkapalan yang menang dan juara 2 dari teknik kimia (CMIIW). Selamat untuk para pemenang, semoga barokah dan bermanfaat dan semakin semangat untuk membangun Indonesia lewat tulisan2 dan penelitian yang dilakukan, amien.

Terima kasih untuk suami, keluarga dan sahabat yang selalu support saya dalam kondisi apapun. Terima kasih untuk bu Siti Rochimah  yang dulu menyemangati saya ketika pertama kali saya menulis makalah untuk seminar nasional tahun 2005. Terima kasih untuk pak Yudhi atas support dari jurusan untuk publikasi kemanapun yang kita bisa. Terima kasih untuk pak Daniel yang membimbing saya cara menulis proposal hibah penelitian dan juga telah melibatkan saya dalam beberapa penelitian bapak. Terima kasih untuk Prof. Jane Yung Jen Hsu, pembimbing S2 saya di Taiwan yang telah memberikan arahan dan bimbingan bagaimana meneliti dan membuat publikasi hasil penelitian. Terima kasih juga untuk wan-rong jih, post doc student di Taiwan saat saya kuliah disana, yang turut membimbing dan membantu saya dalam menyelesaikan penelitian serta sponsor utama LPPM dan ITS atas kesempatan yang diberikan. Terima kasih juga untuk Ruktin dan Pak Sugeng yang bantu ngumpulkan dokumen ke LPPM. Dan terima kasih untuk semua yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Semoga  catatan kecil ini bisa menyemangati yang lain untuk berkarya dan berprestasi di manapun kita berada. Satu hal yang menjadi beban adalah mempertahankan akan jauh lebih sulit dari pada meraih sebuah impian. Semoga bisa lebih baik dari hari ke hari.

Tahun depan saya berencana untuk menulis buku, semoga bisa terwujud dan bermanfaat.. amien.

4 Komentar

  1. fety said,

    November 16, 2009 pada 9:30 pm

    wah, selamat mbak yuhana🙂

  2. ruktin said,

    Desember 28, 2009 pada 6:23 pm

    amien, semoga selalu terwujud rencana baik ibu…

  3. Lukisan said,

    Januari 4, 2010 pada 2:40 am

    wah semoga sukse selalu deh.
    blognya bener2 menarik.

  4. alrisblog said,

    Januari 22, 2010 pada 6:26 pm

    Semoga tercapai. Lama juga ya blognya gak diupdate.
    Salam
    http://alrisblog.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: