Matrikulasi Mahasiswa Baru ITS Beasiswa Depag Tahun 2011

Senang sekali rasanya bisa bertemu dengan teman-teman mahasiswa baru yang mendapatkan ITS beasiswa Depag. Saya mendapatkan amanah untuk mengajar matrikulasi pembuatan presentasi dan pembuatan web dengan WordPress.

Pada saat materi presentasi, saya menyampaikan materi tentang bagaimana membuat presentasi yang baik dan etika berpresentasi. Materi ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa karena mereka harus membuat presentasi dalam kuliahnya kelak. Setelah membuat presentasi, beberapa mahasiswa saya minta untuk mempresentasikan hasilnya. Subhanallah, mereka bisa mempresentasikan hasil presentasi yang dibuat dalam waktu 14 menit dengan sangat baik.

Untuk materi pembuatan website dengan wordpress, mereka saya ajak untuk membuat blog baru dengan wordpress. Sebelumnya saya jelaskan tujuan pembuatan blog, antara lain adalah

  1. Menyampaikan ide atau gagasan yang kita miliki
  2. Mendokumentasikan pengalaman yang terjadi pada diri kita yang mungkin bermanfaat bagi orang lain
  3. Sarana untuk mempromosikan kegiatan dan kemampuan kita

Pada prinsipnya hal-hal yang harus dipahami dalam menulis di blog adalah jangan sampai menulis hal-hal yang menyinggung orang lain atau membicarakan orang lain (ghibah, fitnah), tidak menyalin (plagiat) tulisan orang lain dan juga diupdate tiap hari.

3 Komentar

  1. galihsatria said,

    Juni 16, 2011 pada 9:56 am

    Dan ada yang lebih penting lagi sebenarnya. Blog itu seperti tanaman, mesti rajin-rajin disiram supaya tetap segar.๐Ÿ™‚

  2. thina said,

    Juli 12, 2011 pada 7:58 pm

    Bu yuhana, saya sudah menemukan blog ibu…. :)…
    iya bu, saya pernah punya blog, tapi cuma diisi sekali aja pas buat pertama kali… hehe…๐Ÿ˜€

  3. edwin said,

    September 3, 2011 pada 9:46 pm

    Halo mbak, semoga masih kenal saya๐Ÿ™‚ Sekarang masih di Taipei atau sudah di Surabaya (ITS)? Kebetulan saya sedang di Taipei saat ini. Salut, blognya rajin diupdate๐Ÿ™‚ (edwin)


Tinggalkan Balasan

