Softskill Komunikasi untuk Manajer Proyek IT

Menjadi manajer untuk sebuah proyek teknologi informasi memang membutuhkan banyak softskill. Kemampuan komunikasi dengan klien dan komunikasi dengan anggota tim sangat diperlukan. Kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk klien antara lain kemampuan bernegosiasi, kemampuan menyampaikan ruang lingkup yang dipahami maupun kemampuan komunikasi untuk menyampaikan kemajuan proyek. Tidak jarang kita merasa seperti dikejar-kejar oleh klien, dan ini juga membutuhkan kemampuan untuk penguasaan emosi dan pengendalian diri. Termasuk jika waktu sedikit molor misalnya, maka perlu komunikasi yang baik dengan klien agar tidak terjadi krisis kepercayaan klien kepada kita.

Kemampuan komunikasi dengan anggota tim sangat diperlukan agar apa yang diharapkan oleh klien sesuai dengan yang dikembangkan oleh tim. Jadwal yang padat dan tingkat stress yang kadang muncul pada anggota tim tidak boleh diabaikan. Seorang manajer proyek harus juga mampu menjaga motivasi anggota tim dengan senantiasa melakukan koordinasi yang baik, komunikasi dua arah dan memahami kesulitan anggota tim.

Kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proyek. Apalagi jika kita diamanahi untuk memimpin beberapa proyek dalam satu waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: