Pembuatan E-Paspor

Alhamdulillah, makalah seminar internasional yang saya kirim ke the 5th IEEE Conference on Serious Games and Applications for Health 2017 diterima. Karena paspor saya habis, saya harus memperpanjangnya. Arahan dari Prof. Mauridhi Hery Purnomo (Promotor saya) adalah mengurus E-Paspor (paspor elektronik). Selain pemeriksaan di bandara lebih cepat, jika berkunjung ke Jepang, dengan menggunakan E-Paspor visa ke Jepang gratis.

Di Surabaya, E-Paspor hanya bisa diurus di Kantor Imigrasi Kelas I Waru. Hari Kamis tanggal 19 Januari 2017 saya datang ke kantor imigrasi Waru pukul 6.30. Pengambilan nomor antrian hanya dilayani sampai pukul 10.00. Saat saya datang kurang lebih sudah ada 200 orang yang mengantri. Alhasil sampai pukul 10.00 saya tidak mendapat nomor antrian dan harus pulang dengan tangan kosong. Hari Senin tanggal 23 Januari 2016 saya datang ke kantor imigrasi pukul 4.10. Pada jam tersebut sudah banyak yang mengantri dan saya mendapat nomor antrian ke 19.  Layanan dimulai pukul 7.30. Lumayan juga nunggu untuk layanan.

Persyaratan yang saya bawa saat pengurusan paspor adalah:

  1. kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri;
  2. kartu keluarga;
  3. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah;
  4. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Dokumen-dokumen tersebut difoto copy dan dibawa aslinya. Saya dipanggil oleh petugas pada pukul 08.00.dan mendapatkan formulir yang harus diisi. Setelah mengisi formulir saya dipanggil untuk wawancara dan foto. Proses layanan tidak terlalu lama, cepat karena telah memanfaatkan teknologi informasi. Justru lebih lama ngantri nomer daripada ngantri layanan. Setelah itu mendapat surat bukti untuk pembayaran di bank. Paspor biasa bayar Rp. 355.000, sementara biaya E-Paspor sebesar Rp. 655.000.

Tanggal 2 Februari 2017 saya mendapat sms dari sms center kantor imigrasi, pemberitahuan bahwa paspor telah jadi. Pengambilan dapat dilakukan di kantor imigrasi pada jam 13.00-16.00 untuk hari senin-kamis dan jam 13.00-16.30 untuk hari Jumat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: