Beasiswa untuk belajar di Taiwan

Selain sebagai tempat bekerja, Taiwan juga dapat dijadikan salah satu tujuan untuk tempat belajar selain Jepang, Australia, Malaysia, atau negara-negara Eropa. Pendidikan di Taiwan bisa dibilang cukup bagus, dan pemerintah Taiwan menyediakan berbagai beasiswa untuk menarik mahasiswa asing belajar di Taiwan.

Sebagian beasiswa yang saya tuliskan di artikel ini hanya bisa diperebutkan oleh calon mahasiswa yang akan belajar di NTU, namun sebagian yang lain bisa diperebutkan oleh calon mahasiswa yang akan belajar di seluruh universitas di Taiwan. Berbagai macam beasiswa yang ada antara lain :

  1. Taiwan Goverment Scholarship. Informasi selengkapnya bisa dilihat di website ministry of education Taiwan . Besar beasiswa untuk tipe ini bervariasi tergantung pada departemen yang memberikan beasiswa dan juga tingkat pendidikan atau jenis pendidikan yang diambil, berkisar antara 25.000 NT – 30.000 NT perbulan.
  2. Democratic Pacific Union (DPU) Graduate Scholarship. Beasiswa ini ditawarkan bagi pelamar yang berasal dari anggota negara DPU, didalamnya termasuk Indonesia. Aplikasi harus dikirimkan secara langsung ke PDU. DPU contact information : TEL: +886-2-2313-1028
    FAX: +886-2-2313-1172
    Website: http://www.dpu.org.tw/
    E-mail: service@dpu.org.tw
  3. Beasiswa yang di tawarkan oleh NTU. Ada 2 jenis beasiswa yaitu :
    1. International Graduate Student Scholarship. Besarnya beasiswa ini adalah 20.000 perbulan.
    2. International Graduate Students Support Funds (Tuition / Sundry Expenses Waiver). Besarnya ini diberikan untuk mencover SPP dan pembayaran-pembayaran lainnya selain dormitory dan living cost. Jadi bagi yang mendapatkan beasiswa ini harus menyediakan sendiri uang untuk dormitory dan living cost.
  4. Kesempatan bekerja. Setelah belajar di NTU selama 2 semester atau belajar di program bahasa selama satu tahun, mahasiswa dengan performance akademik yang istimewa dapat bekerja di Taiwan. Ijin kerja harus didapatkan baik kerja di dalam kampus maupun di luar kampus. Kerja dilakukan selama 16 jam perminggu selama ijin masih berlaku dan diharuskan membayar pajak di setiap bulan mei setiap tahunnya.

Jenis beasiswa nomer 3 dan 4 hanya untuk mahasiswa di NTU, sementara jenis nomer 1 dan 2 bisa di apply oleh pendaftar selain di di seluruh universitas di Taiwan. Informasi lain mengenai study di Taiwan bisa anda dapatkan juga di blog pak agus muntohar. Semoga sekelumit info ini bisa bermanfaat.

Untuk informasi tentang beasiswa lainnya silahkan kunjungi http://www.info-scholarships.com/

Untuk teman-teman yang sudah diterima dan sedang mengurus perlengkapan bisa lihat di http://indonesianscholarship.com/2007/06/22/persiapan-setelah-diterima-di-taiwan/ sepertinya informasinya cukup lengkap

About these ads

134 Komentar

  1. METY said,

    Januari 27, 2007 at 7:43 pm

    aku mau nanya nih,kalo sekolah buat SMP atau Sma di taipei itu yang mana yang bagus?terus biayanya berapa?sama 1NT=berapa rupiah?

    please bales ya ke email ku aja..
    thx bangettt…

  2. Aslamia Rosa said,

    Februari 5, 2007 at 4:59 pm

    Saya adalah seorang dosen CPNS di Universitas Sriwijaya di Palembang. Saya berkeinginan meneruskan pendidikan doktor di luar negeri, salah satu yang saya pelajari adalah ke Taiwan.

    Saya ingin bertanya apakah ada beasiswa untuk program doktor di bidang ilmu manajemen (S1 saya dari manajemen dan S2 dari ilmu ekonomi) yang disediakan di negara Taiwan untuk warga Indonesia. Kalau ada, di Universitas apakah itu (saya berharap universitas negeri).

    Saya sangat berharap mendapatkan info mengenai hal di atas dari Bapak/Ibu.

    Salam,

    Aslamia Rosa

  3. AlMaidani said,

    Februari 19, 2007 at 6:17 pm

    BTW 1NT=rupiah ???
    lalu besar biaya hidup per bulan disana berapa??

  4. AlMaidani said,

    Februari 19, 2007 at 6:20 pm

    minta info beasiswa di singapura dan malaysia dong??

  5. raiken said,

    Februari 21, 2007 at 4:46 pm

    caranya beasiswa taiwan gimana sih kalo bwt anak sma? pliis bales ke email ku ya…

  6. FAHMI said,

    Februari 23, 2007 at 8:21 am

    em saya udah dapet beasiswa s1 manajemen di IKIP malang,tapi pengen going abrooad..mohon bantuan serta pencerahan…arigatou

  7. hanbal said,

    Februari 24, 2007 at 9:18 am

    kalo mau dapet beasiswa s1 di itb dan brunai darussalam bagi calon mahasiswa baru gimana caranya ?

  8. yuhana said,

    Februari 27, 2007 at 8:47 am

    >Mety, Aslamia Rosa, Al MAidani, Raiken
    Hm.. kalau beasiswa buat anak SMA (maksudnya bukan S1 khan?) saya nggak tahu banyak, kalau untuk S1, S2, S3 yang ke Taiwan untuk lengkapnya mungkin bisa mengunjungi muntohar.wordpress.com
    Kurs rupiah terhadap NT berubah-ubah, saat ini berkisar 1 NT = Rp. 278 kalau pengen perharinya bisa tanya money changer di Indonesia.
    Untuk biaya hidup disini, menurut pengamatan yang saya lihat, temen-temen yang mendapatkan beasiswa 10 ribu NT perbulan dah cukup untuk biaya hidup dengan asumsi SPP dah terbayarkan.
    Tentang info beasiswa Malaysia dan Singapura saya belum punya, entar kalau ada saya bagi deh :)

    >Fahmi
    Selamat kalau dah dapat beasiswa, kalau mau going abroad jangan menyerah untuk terus hunting beasiswa trus dicoba terus… Semangat!!!!!!!!!

    >Hanbal
    Kalau mau dapat beasiswa S1 di ITB coba buka situsnya ITB atau tanya langsung ke bagian beasiswa pasti akan dapat semua info. Untuk ke brunei sama coba search ke google dengan keyword scholarship brunei. OK met hunting ya

  9. tya said,

    Maret 14, 2007 at 5:04 pm

    saya mo cr info beasiswa bg mhsiswa akademi kebidanan,untuk program studi D3 atau S1 itu bisa saya dapetin dimana?

  10. yuhana said,

    Maret 21, 2007 at 1:23 pm

    >tya
    coba search di google tya, banyak informasi tentang beasiswa di web, tapi kalau lain kali saya ada info insya allah saya share disini, semangat !!!

  11. Oshin said,

    Maret 28, 2007 at 1:38 pm

    Saya lulusan dari D3 bahasa mandarin UGM, pengen banget nglanjutin ke S1 mandarin, tapi beasiswa dimana ya? sekarang saya menjadi guru di sebuah SMA Negeri, tapi saya ingin melanjutkan sekolah lagi. makasih

  12. Adinda said,

    Maret 30, 2007 at 8:34 pm

    Saya masih bersekolah di MTs Pembangunan.
    Saya berkeinginan untuk meneruskan SMU di Singapura.
    Apakah ada beasiswa untuk SMU?
    Kalau pakai biaya sendiri kira-kira berapa banyak yang diperlukan yang diperlukan? (di Singapura)

  13. noorakhlan said,

    April 1, 2007 at 8:55 pm

    Informasi untuk Beasiswa Study Doktor di Malaysia dan Brunai, apakah ada syarat khusus usia dan syarat-syarat lain termasuk cara perolehan form isian, mohon informasi terima kasih.

  14. daniel said,

    April 2, 2007 at 3:32 pm

    saya anak ipb…D3-AKUNTANSI…saya masih mau anjutin kuliah di UI tahun 2009.setelah itu saya ingin ambil beasiswa neh…saya ingin S2 economyc..ada ga info???syarat???pls balas.thnx

  15. yuhana said,

    April 3, 2007 at 1:00 pm

    >oshin, daniel
    coba lihat ke website pak muntohar

    >adinda
    maaf din, saya di Taiwan, bukan Singapura, jadi belum tahu biaya hidup disana bagaimana

    >noorakhlan
    Hm.. malaysia or Brunei, maaf kalau saya belum punya infonya he he :P

  16. nana said,

    Mei 11, 2007 at 2:15 pm

    hi, salam knal.. saya skarng berada di taiwan. ingin melanjutkan study university dan sedang mencari program beasiswa yang memungkinkan. saya sudah cek ke web pe,erintah taiwan. moa dll.. dan dari sana saya mendapatkan informasi bahwa anak overseas chinese tidak diperbolehkan menerima beasiswa ayng disediakan. apakah ada program lain? dan kira2 univeristas apa yagng menawarkan beasiswa untuk take university .. thankss,,balasan ditunggu di email saya..

  17. disy said,

    Mei 12, 2007 at 2:44 pm

    saya mau nanya nih,kalo mau dapat beasiswa ke taiwan gimana caranya?saya mau melanjutkan sma

  18. Akmal said,

    Mei 16, 2007 at 9:08 am

    Mba Yuhana, Salam Kenal. Beberapa minggu yang lalu saya dapat tawaran beasiswa ke Taiwan untuk S3 di NCU dengan besar beasiswa 25.000 NT. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Biaya segitu apakah cukup jika saya bawa keluarga (istri dan anak)?
    2. Apakah disediakan apartemen mhs dan berapa bayarnya?
    3. Mengenai tiket keberangkatan apakah kita nombok dulu ato gmn?
    4. Apakah ada tunjangan untuk keluarga, spt contohnya tunjangan melahir untuk istri (klo di jepang dan di negara eropa kyknya ada)
    5. Apakah masa studi disana ontime (klar 3 thn), walopun hal ini tergantung dari kita juga. Nah kalau sdh lebih dari 3thn apakah kita masih menerima beasiswa??

    Sementara sekian dulu.

    Sebelumnya terima kasih atas tanggapannya. Saya tunggu balasannya, syukur bisa dibalas ke email saya akmaluddin@gmail.com

  19. yuhana said,

    Mei 16, 2007 at 10:55 am

    >nana
    Salam kenal juga, memang untuk overseas agak susah mendapatkan beasiswa, biasanya pemerintah dan universitas hanya menyediakan beasiswa untuk foreign student. Saya punya teman overseas, untuk membiayai kuliahnya dia kerja partime di pertokooan, walaupun sebenarnya ini tidak diperbolehkan karena ijinnya tugas belajar

    >disy
    cara efektif mencari beasiswa adalah dengan membuka website masing-masing sekolah atau universitas

    >Akmal
    Salam kenal pak,
    1. biaya hidup perbulan diluar spp untuk satu orang biasanya berkisar 6000 sampai dengan 7000, dengan asumsi tinggal di asrama yang uang sewa persemesternya sekitar 6000 alias 1000 perbulan.

    2. Kalau bawa keluarga biasanya tidak bisa tinggal di asrama mahasiswa, kecuali pihak universitas memiliki kebijakan untuk itu.
    Uang sewa apartemen di luar berkisar 5000-8000 per bulan.

    3. Mengenai tiket keberangkatan biasanya kita menggunakan uang kita sendiri alias nombok dulu sebelum dapat beasiswa.

    4. Tunjangan keluarga sepertinya tidak ada, bahkan peluang bisa membawa keluarga agak kecil dengan adanya peraturan baru di Taiwan. Kecuali istri jug aikut sekolah, namun temen2 disini mencoba untuk menembus kemungkinan bawa keluarga.

    5. Masa study jelas tergantung dengan mhs yang bersangkutan, namun biasanya ontime. Kalau lebih dari batas waktu yang ditentukan biasanya kita tidak mendapat beasiswa lagi, kecuali ada kebijakan dari prof, prof yang biasanya suppot beasiswa jika kita tidak mendapat beasiswa setelah masa waktu habis.

    Semoga dapat membantu.

  20. irvan said,

    Juni 1, 2007 at 3:39 pm

    Yo, S2 taiwan diakui di depdiknas nggak? trims

  21. HELLEN said,

    Juni 4, 2007 at 3:26 pm

    mau tanya donk tentang belajar ditaiwan…..
    beda belajar di taichung dan taipei itu apa?
    kalau khursus bahasa kira2 biaya nya yang [paling mahal berapa dan yang paling murah berapa. dan dimana???

  22. HELLEN said,

    Juni 4, 2007 at 3:26 pm

    balas di email

  23. yuhana said,

    Juni 5, 2007 at 2:46 pm

    >irvan
    Ini mas irvan WE&T khan? kalau nggak salah diakui mas, lha wong dah banyak temen yang lulus dari sini dan bisa menyesuaikan pangkat dengan bekal ijasah disini.

    >Helen
    Yang jelas univnya beda ya, jadi iklim akademisnya mungkin juga berbeda, trus kalau biaya hidup kayaknya hampir sama. Mengenai rincian biaya hidup di Taipei saya pernah nulis di salah satu komen diatas, jadi nggak perlu aku nulis lagi :) ok kalau ada temen lain yang mau nambahi silahkan

  24. yudha said,

    Juni 19, 2007 at 4:32 pm

    Dear all,

    Salam kenal Ibu Yuhana. Singkat saja ya. Saya menerima beasiswa dari ICDF untuk S3 di National Taiwan Ocean University untuk bidang aquaculture. Mohon beri informasi tentang ICDF tersebut,apakah ibu juga tahu tentang Keelung dimana NTOU berlokasi. Berapa jam dari Taipei?

    Apa saja ngurus visa di TETO Jkt?Kok kayaknya susah amat harus ke Dehukham dan Deplu hanya untuk legalisasi ijasah?

    Thanks untuk infonya.

    Yudha T. Adiputra

  25. yuhana said,

    Juni 22, 2007 at 9:08 am

    >yudha
    Salam kenal juga, sampai jumpa di taiwan. Untuk info pengurusan visa silahkan kunjungi ke http://formmit.org/content/view/70/31/ anda bisa dapat hal-hal lain juga disana.
    Semoga jawabannya bisa membantu

  26. Sigit said,

    Juli 9, 2007 at 7:11 pm

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam kenal Ibu Yuhana.. Saya sudah pernah coba apply beasiswa ke NCU tapi gagal. Saya tdk tahu pasti apa penyebabnya. Tanya:
    1. Sebaiknya penguasaan bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan lagi atau kursus bahasa mandarin?
    2. Apakah ada tips untuk dpt beasiswa di Taiwan? apa perlu kita kerja jadi dosen atau di LSM tertentu ya Bu?
    Mohon infonya. Saya ingin bisa ngobrol langsung dgn Ibu, mohon waktu.. Trimakasih.

  27. Kang Tutur said,

    Juli 12, 2007 at 11:59 am

    Salam kenal…
    Numpang promosi nih!
    Ada yg mau kuliah dengan beasiswa? Belajar Wirausaha?
    Main ke blog kampusku – Makasih ya!

  28. Nurdin said,

    Juli 15, 2007 at 2:39 pm

    Ass wr wb,

    saya ingin menanyakan apakah pemerintah taiwan menyediakan beasiswa untuk program dokter spesialis seperti spesialis kandungan,THT atau Neurology.Saya merencanakan untuk 1 tahun yang akan datang.kalau ada,universitas apa yang ada menyediakan program tersebut dan kemana saya bisa kontak.

    Saya sangat membutuhkan informasi tersebut,mohon bantuan informasinya.

    Wassalam.

  29. Yusup Setiadi said,

    Juli 18, 2007 at 1:17 pm

    Assalamualaikum Wr. Wb

    Saya mo nanya kalo di Taiwan ada S2 untuk bidang Urban Planning ga? kalo ada dimana? Kebetulan saya alumni Planologi UNDIP…

    terimakasih atas infonya..

    wassalam.

  30. Aisiyah Hasibuan said,

    Agustus 22, 2007 at 7:15 pm

    Hai… aku mahasiswi akbid semester III. Aku lagi bingung neh! Walau memang masih lama, aku pengen banget ngelanjutin pendidikan ke program S-1 kebidanan segera setelah aku tamat. Tapi, di Indonesia belum ada PT yang membuka program tersebut. Jadi, aku pengen tahu apa ada beasiswa di luar negeri (khususnya di Taiwan) yang bisa memfasilitasi pendidikan untuk program S-1 kebidanan. Dan, bagaimana cara memperolehnya? Thanks for the information. ‘_”

  31. Catharina Jepp said,

    Agustus 24, 2007 at 11:36 pm

    Teman2 yang mau ke Taiwan, ini saya dapat 1 Study in Taiwan consultant Jakarta yang spesialis urus orang sekolah ke Taiwan. Saya dan teman2 kemarin sudah ke sana, dan dia menunjukkan semua file anak2 yang sudah sukses diberangkatkan sekolah di Taiwan. Ada sekitar 150-an anak.
    Saya juga baru tamat SMU dan akan ke Taiwan November ini.
    Taiwan enak ga sih? Liat Meteor Garden sih indah ya? hehe…

  32. Catharina Jepp said,

    Agustus 24, 2007 at 11:39 pm

    Oh ya lupa. Kalau mau ke konsultan study in Taiwan itu, teleponnya: 021-687 87100. Lokasi di Pluit Jakarta. Cari saja Pak Joseph, bilang dari Catharina yang mecahin gelas kemarin. ;p

  33. amri said,

    Agustus 27, 2007 at 4:05 am

    mbak, tolong hapus komentar no 24, atas nama amri. saya sendiri
    please
    tolong dihapus

  34. hellen said,

    September 2, 2007 at 9:41 pm

    mau tanya yang tentang konsultan yang bawa siswa belajar ketaiwan itu yang berdasarkan comment no 32 alamat jelasnya dmana? dan nama agennya apa?
    terima kasih

  35. Catharina Jepp said,

    September 4, 2007 at 4:46 am

    Jawaban comment nomor 34:

    Konsultan study in Taiwan namanya Everyday Mandarin.
    Mereka ini adalah asosiasi alumni/siswa Taiwan-China di Jakarta.
    Mereka di Pluit Timur Jakarta. Alamat jelasnya silakan langsung telepon aja mereka di 021-687 87100. Saya juga lupa nomor kantornya.:p

  36. fanny said,

    September 5, 2007 at 12:49 pm

    kalau mau ambil sekolah bahasa di taiwan bagusnya di mana?
    kalau mau minta beasiswa gmana? kriterianya nilainya rata2 berapa?

  37. Stefano said,

    September 6, 2007 at 3:06 am

    Dari web, sekolah bahasa Mandarin yang bagus di Taiwan adalah (urutan):
    1. NTNU
    2. Furen University
    3. Zhengzhi Univ
    4. CCU
    5. Fengchia Univ

    Itu Everyday Mandarin ada urus ga sekolah2 ini? Pernah direkomen teman sih.

  38. David said,

    September 11, 2007 at 1:48 pm

    Kalo untuk pendidikan dokter spesialis ada ? Mohon info dan bantuannya. Thanx

  39. munir said,

    September 11, 2007 at 4:58 pm

    ada tidak yang gratis baik living cost+ dormitori cost? terimakasih

  40. Mitya said,

    September 12, 2007 at 10:31 pm

    Hi..

    ada yg tau berapa biaya total urus visa Taiwan skrg? Thx~

  41. Stefano said,

    September 21, 2007 at 1:41 pm

    Gua udah nongkrong di kantor Everyday Mandarin yang ngurus orang sekolah ke Taiwan di atas. Lumayan ngerti, brosur dan fotonya banyak juga. Mereka ngurus dari sebelum berangkat di Indonesia sampai anter jemput di Taiwannya, daftar sekolah, asrama/apartemen, buka rekening bank, beli nomor HP di Taiwan, dll.

    Kalau mau ke sana teleponnya ini: 021-68787100

  42. yuhana said,

    September 21, 2007 at 9:23 pm

    Thanks buat yang nambahin info tentang everyday Mandarin

  43. nra402 said,

    September 30, 2007 at 10:20 am

    assalamualaikum Bu…
    mau nanya bu… untuk jurusan di NTU, yang international classnya jurusan apa aja bu? terus kuliahnya pake english yah bu?
    ada temen saya dari jurusan sosial yang nanya kuliah disini.

  44. yuhana said,

    September 30, 2007 at 11:54 am

    >nra402
    Wa’alaikum salam wr wb

    Untuk daftar International program di NTU bisa dilihat di http://www.oia.ntu.edu.tw/degree/admission/200809/en/acainfo1.asp?mc=C_00000177&mz=C_00000092 . Meskipun tidak ada english program, hampir semua jurusan di NTU memiliki beberapa mata kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris, meskipun lebih banyak yang berbahasa mandarin. Jika ada international student paling tidak, slide dan text book dalam bahasa Inggris.

  45. September 30, 2007 at 12:56 pm

    […] >> Referensi Beasiswa no 1 dan 2 : dari Bu Yuhana. […]

  46. Stefano said,

    Oktober 3, 2007 at 1:11 am

    Ini ada web Everyday Mandarin, konsultan sekolah Taiwan:

    http://www.freewebs.com/everydaymandarin

  47. mazaya said,

    Oktober 5, 2007 at 10:36 am

    ak tertarik baget belajar bahasa mandarin. kata dosen aku dulu ada beasiswa untuk belajar ditaiwan selama satu tahun, free for all. setelah itu kita akan diminta mengajar dinegara kita sendiri. apa itu benar? thanks

  48. rio said,

    Oktober 7, 2007 at 6:25 pm

    every mandarin ada bantu calon mahasiswa ngurus beasiswa taiwan tdk?

  49. cindy said,

    Oktober 17, 2007 at 5:41 pm

    saya cindy… sekarang ini kelas 3 sma di surabaya.
    Saya mau tanya informasi tentang beasiswa di sekolah taiwan baik universitas maupun sekolah bahasanya.Tidak hanya beasiswa saja tetapi juga informasi lainnya.
    Karena saya mau belajar disana namun masih banyak yang belum saya ketahui tentang taiwan dan sekolah2 nya serta universitasnya yang bagus yang mana.
    Kalo bisa balesnya di emailku aja.

  50. Phiau-Phing said,

    Oktober 18, 2007 at 3:28 pm

    Mau nanya?
    Kalo dapat beasiswa dari NTU untuk yang nomor 3 diatas, 20.000 NT/per bulan itu sudah termasuk biaya hidup, uang sekolah dan dormitory ya?
    thanks.

  51. hastomo said,

    Oktober 28, 2007 at 12:13 am

    saya ingin dong beasiswa gratis belajar di rrc atau di taiwan
    saya ingin bisa bahasa mandarin.please
    kasih tau dong…
    xiexie

  52. fenny said,

    Oktober 31, 2007 at 6:54 pm

    saya mau nanya neh…
    kalo mo kuliah di taiwan harus foundation bahasa mandarin 2 tahun yah??
    di sana ada univ2 yg pake bahasa inggris gak??
    trus kalo seandainya saya bisa bahasa mandarin sedikit2, dengar2 ada tes dulu yah?
    kalo seandainya gak lulus harus foundation yah??
    tolong di jawab ke email saya : fenny_lie@plasa.com
    terima kasih sebelumnya…^^

  53. yuhana said,

    Oktober 31, 2007 at 9:46 pm

    >cindy
    banyak juga kok mahasiswa S1 dari Indonesia di Taiwan, tapi sepertinya beasiswa untuk S1 lebih sedikit. Jadi kebanyakan dari mereka bekerja part time untuk membiayai kuliahnya

    >Phiau Phing
    Bagi yang mendapat beasiswa 20.000 NTD perbulan maka SPP dan lain2 harus bayar sendiri. Jadi harus bisa ngelola uang itu. SPP dan asrama persemester sekitar 40 ribuan dan biaya hidup perbulan kurang lebih sekitar 8000-10000, jadi masih mencukupi beasiswanya.

    >Hastomo
    Banyak kok yang nawarin beasiswa untuk belajar di Taiwan. Kalau dapat beasiswa dan mencukupi itu artinya kita sekolah dengan gratis :)

    >Fenny
    Nggak juga kok fen, tapi untuk S1 biasanya sangat dianjurkan karena di S1 mata kuliah disampaikan dalam bahasa mandarin. Untuk S2 kebanyakan universitas sudah menawarkan international program atau paling tidak mata kuliah berbahasa inggris. Sepertinya tes mandarin itu tergantung universitas dan jurusannya. Saya termasuk yang nggak ada tes waktu sebelum masuk.

  54. fenny said,

    November 1, 2007 at 12:56 pm

    ehm…
    begitu toh…
    jadi mang kudu bisa bahasa mandarin yg lancar dulu yah…
    susah donk kalo gitu, kalo mo foundation 2 taon kuliah 4 tahun brarti lulus na dah tua donk yah…
    haha…^^
    anyway thanks atas info na…

  55. aini said,

    November 19, 2007 at 7:11 pm

    aku mau nanya nich, ada gk beasiswa tuk mahasiswi kebidanan ? coz aku mau banget lanjut di luar negeri tapi gk tau caranya… kalau S1 kebidanan ada gk di sana, trus ada jg gk besiswanya? syaratnya apa aja?….. tolong ya infonya…….

  56. vivi said,

    November 29, 2007 at 11:03 pm

    mau tanya ni, caranya dapetin beasiswa di taiwan gimana ya!?!?
    thankz ya, tolong kasi tau ya ke emailku ya… makasih banget ya buat infonya

  57. vivi said,

    November 29, 2007 at 11:29 pm

    mbak yo, gimana to caranya dapetin beasiswa, sori ya nanya terus soalnya aku pingin banget skul di tw, katanya bisa ama kerja ya tapi biaya hidupnya itu lho yang tinggi ya mbak yo. tq ya mbak atas infonya

  58. Adi said,

    Desember 6, 2007 at 11:58 am

    Mbak, beasiswa ke Taiwan apa harus bisa manadarin?

    Saya hanya punya ITP Toefl 500 an..
    Gmn caranya??

    Thanks ya

  59. Adi said,

    Desember 6, 2007 at 12:02 pm

    Maaf, ralat website saya diatas…

  60. vivi said,

    Desember 6, 2007 at 12:13 pm

    mbak yu, vivi mau tanya ni, mbak yu katanya dapet beasiswa yang bukan dari pemerintah taiwan ya? terus itu dari perguruan tingginya ya mbak?!?! caranya dapet form pendaftarannya gimana mbak!?! apakah saya bisa download mbak!?!? terimakasi ya mbak…
    tolong balas ke emailku ya mbak, tq

  61. yuhana said,

    Desember 6, 2007 at 3:15 pm

    >aini
    tentang beasiswa untuk kebidanan coba cek univ yang ada kebidanannya, biasanya sih ada

    >vivi
    Beasiswa yang ada di Taiwan udah terintegrasi vi dan bermacam2 jenisnya, ada yang dari pemerintah yang besarnya 30 ribu NT, dan juga masing-masing universitas biasanya menyediakan juga, tapi besarnya berkisar antara 10 sampai 25 ribu NT. Cara daftarnya biasanya satu paket sama pendaftaran untuk universitas untuk yang beasiswa universitas.

    Maksud terintegrasi adalah tidak mungkin seseorang mendapatkan 2 beasiswa sekaligus, kalau iya pasti disuruh milih salah satu. Untuk langkah2 pendaftaran rata2 univ di taiwan beserta aplly beasiswanya bisa dibaca di http://www.info-scholarships.com/2007/11/22/langkah-langkah-pendaftaran-sekolah-di-taiwan/ . Tolong baca baik2 petunjuk disitu, ada juga link untuk berbagai univ di TW di website tersebut. Semoga info ini bermanfaat

    >adi
    Nggak harus bisa mandarin tapi akan lebih baik jika bisa. Coba aja daftar. Caranya baca komen untuk vivi

  62. Caroline said,

    Desember 16, 2007 at 1:18 am

    saya mau tau, jurusan yang paling bagus di taiwan apa sih? wa masih bingung nih.. pendaftarannya gimana? n kalo mo langsung cari kerja di taiwan ga bisa ya? thanks… reply in my email. thanks..

    >yuhana: tiap universitas memiliki jurusan unggulan masing-masing, saya tidak tahu persis daftarnya. Mengenai langsung kerja disini setelah kuliah itu bisa saja. Sebelum akhir tahun ajaran yakni musim wisuda, hampir semua universitas bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk mengadakan bursa kerja di masing-masing univ sekaligus pendaftaran untuk perekrutan pegawai. Bagi yang ikut seleksi dan ketrima bisa langsung kerja disini. Banyak temen2 dari Indonesia setelah lulus S2 kerja di perusahaan di Taiwan dengan standard gaji kurang lebih 40 ribu NTD perbulan.

  63. intan said,

    Desember 23, 2007 at 10:08 am

    saya mahasiswa kebidanan D3 semester 5 dan ingin melanjutkan kuliah S1 kebidanan S1 di luar negeri,,bagaimana caranya untuk dapat info tentang beasiswa S1 kebidanan tsb,,karena saya sudah mencarinya dan ternyata sulit..sebelumnya terima kasih..

  64. nurmala said,

    Desember 25, 2007 at 8:17 pm

    nama saya nurmala,
    saya ada mau tanya, kl saya mau belajar bahasa mandari taiwan, semacam kursus ada gak bea siswa semacam tuh? kl tidah kursus juga tidak apa2 ya semacam itu? yg penting saya bisa ambil bahasa?
    tolong infonya ya…balas ke email aku ya : nurmala992002@yahoo.com
    thx

  65. Stefano said,

    Desember 29, 2007 at 2:06 am

    Halo rekan-rekan semua,

    Bagi yang ingin tahu tentang informasi sekolah bahasa Mandarin di Taiwan, ini saya ada dapat info email dari agen/konsultan di Jakarta.

    Saya forward ke sini saja ya isi emailnya:

    Dear Mr Stefano:

    Terima kasih atas emailnya. Perincian biaya untuk sekolah bahasa Mandarin di Taiwan sbb:

    – sekolah = NTD 18,000/semester
    – tinggal = NTD 3,000/bulan (apartemen)
    – makan = NTD 6,000/bulan

    ket: 1 semester = 3 bulan, NTD 1 = Rp 295 (kurs Des 2007).

    Kami akan membantu Bpk untuk:
    1. Mengurus semua pendaftaran
    2. Visa sekolah
    3. Jemput di airport Taiwan
    4. Mencari & memesan asrama/apartemen
    5. Membeli nomor HP
    6. Membuka rekening bank Taiwan
    7. Membeli makanan
    8. Pengenalan kota dan lingkungan sekitar dengan naik bis/MRT
    9. Briefing dan info cara mencari kerja part time di Taiwan.

    Kami membantu semua informasi dokumen Bpk sejak di Indonesia sampai ke Taiwan.

    Untuk lebih lengkap, silakan baca di website kami:

    http://www.everydaymandarin.com
    atau
    http://www.freewebs.com/everydaymandarin

    Silakan hubungi kami untuk pendaftaran.

    Best regards,
    Everyday Mandarin (EM) Jakarta
    Jl. Pluit Timur Blok MM, A-16 No.76 Jakarta
    Tel: 021-685 99100 atau 687 87100

  66. Bayu said,

    Januari 19, 2008 at 11:29 am

    terima kasih atas informasinya, semoga berguna buat diri semua orang

    >yuhana: aamien

  67. DADANG HENDRA LESMANA said,

    Februari 1, 2008 at 11:31 am

    aku mau cari tau informasi,,,, aku sdang kul 1th jurusan web, trus pengen kerja di taiwan dan sambil kuliah,,, gmn? ada ga? soalnya aku tergolong orang tidak mampu,,,
    makasih ditunggu jawabannya
    cia you……

  68. Mireil Mildred said,

    Februari 5, 2008 at 3:50 pm

    Ibu Yuhana,

    Aku lagi ingin lanjutin kul di TW, ambil SI komunikasi dan rencanannya ingin sambil kerja paruh waktu,nah adakah univ yg bagus serta memungkinkan untuk sambil bekerja.Dan kira2 berapa biaya kul-nya.

    Temen2 bantu infonya yac.
    Thx N’ God Bless U all.

  69. Azzurri said,

    Februari 13, 2008 at 9:07 pm

    Alo semua, aq mau tanya….
    Ada ndak universitas di Taipei yang ada jurusan musiknya???
    Klo bisa yg khusus piano ya??Bales plzzzzz. Aq butuh banget. thx

  70. heppy said,

    Februari 16, 2008 at 4:43 pm

    saya lulusan D3 kebidanan depkes palembang saya mau melanjutkan s1 kebidanan, tapi tidak ada di Indonesia saya juga termasuk gol org yang sederhana…jadi ada nggak beasiswa buat kesana

  71. hanny said,

    Februari 17, 2008 at 12:56 am

    Mbak Yuhana,

    saya ingin tanya kalau di NTU ada gak Intenational class?Ada ngak universitas di Taoyuan (kalau tidak salah)? Makasih ya…

    >yuhana:
    ada Han

  72. Steve said,

    Februari 20, 2008 at 3:47 pm

    S2 Chemical Engineering di taiwan dimana aja y yang ada international classnya. Trus ada yang org Indo yg uda kterima di jurusan itu yg bisa dihubungi (nama, email-telp). Mhn dijawab

  73. Steve said,

    Februari 20, 2008 at 3:49 pm

    S2 Chemical Engineering di taiwan dimana aja y yang ada international classnya. Trus ada yang org Indo yg uda kterima di jurusan itu yg bisa dihubungi (nama, email-telp). Mhn dijawab Lewat email jg gapapa. Xie2

    >yuhana:
    di NTUST ada Stev, coba saja apply kesana. Banyak rekan-rekan dari Indonesia yang kuliah di jurusan ini di NTUST. Coba saja kunjungi blognya http://www.ntust-isa.org atau ke http://www.formmit.org untuk tanya lebih lengkap.

  74. Azzurri said,

    Februari 22, 2008 at 9:35 am

    Alo semua, aq mau tanya….
    Ada ndak universitas di Taipei yang ada jurusan musiknya???
    Klo bisa yg khusus piano ya??Bales plzzzzz. Aq butuh banget. thx

  75. massigit said,

    Februari 27, 2008 at 9:49 am

    Mohon info, utk beasiswa dari universitas, apakah beasiswa diberikan sampai dengan kita menyelesaikan studi? (mis. 2 tahun utk S2) Atau hanya per tahun akademik saja? kemudian kita mengajukan lagi di tahun berikutnya.
    Apkah dgn beasiswa tsb, kita msh bisa beli buku2 pendukung kuliah atau ada cara lain?
    Terima kasih atas informasinya.

    >yuhana:
    Beasiswa diberikan per tahun akademik dan harus mengajukan lagi untuk tahun berikutnya, sebagai evaluasi. Kalau hasil evaluasi kita bagus ya kemungkinan besar akan dapat. Tergantung beasiswa yang didapatkan untuk menilai kecukupan. Untuk beasiswa yang tuition fee, kita malah harus nombok untuk membayar biaya kuliah di luar SPP karena tuition fee hanya mengcover SPP saja. Untuk yang beasiswa 10 ribu per bulan dan tuition fee gratis, kita bisa beli buku dengan beasiswa itu. Untuk yang beasiswa 20 ribu atau 30 ribu kita bisa hidup sangat cukup dan masih bisa jalan-jalan serta menabung :)

  76. hanny said,

    Februari 27, 2008 at 11:47 pm

    Makasih ya atas balasannya..
    Mbak, kl ingin ambil international class apakah harus tes masuk dengan bahasa mandarin?? Apa Mbak ikut international class??
    Makasih y..

    >yuhana:
    Sama-sama Han. Mahasiswa asing di Taiwan memang dibedakan jadi 2, yaitu international student dan overseas student. International student adalah mahasiswa asing yang datang dan belajar di Taiwan dan tidak memegang kebangsaan ROC. Overseas student adalah china perantauan dari negara lain yang belajar di Taiwan. Namun jalur masuk kedaunya dan syarat2nya berbeda. Orang china bisa saja ikut sebagai international student. Mengenai tes atau persyaratan bisa dilihat langsung di website diatas, ada beberapa jurusan yang mensyaratkan tes mandarin dan ada yang tidak. Tiap jurusan yang memiliki international student akan berusaha membuka kelas international alias berbahasa Inggris. Jadi ya coba saja, akan lebih baik jika memiliki mandarin sebagai bekal

  77. Fanny said,

    Maret 1, 2008 at 5:42 pm

    Hai mbak yuhana..
    Sy mau tnya,mhn d’jwb y..
    Di waktu skrg ini,apa sy msh bs mendftar SMA di Taiwan?
    Apa plajar SMA blh mlakukan part-time job?
    Brp upah dr part-time job?Apa dpt mncukupi biaya sklh?Minimal,sy hrs prsiapan biaya brp dl?
    Makasih byk y mbak..

    >yuhana:
    Maaf ya Fan, saya tidak tahu banyak tentang SMA disini, setahu saya hanya tentang beasiswa dari NTU saja. Mengenai part time job saya juga kurang begitu paham, apalagi untuk siswa SMA. Setahu saya part time job yang ada mungkin semacam penjaga toko, cuci piring di resto, dll, yang tidak begitu banyak resiko. Karena jika ketahuan menyalahgunakan visa belajar bisa kena hukuman.

  78. harry said,

    Maret 3, 2008 at 2:21 pm

    saya mo nanya mengenai beasiswa pendidikan dokter spesialis apa saja yang ada di taiwan? saya berharap sekali mbak mau membantu saya untuk ini, terima kasih

  79. hanny said,

    Maret 7, 2008 at 11:12 pm

    Halo Mbak..
    Aq mo nanya lagi nih.. hehehe…
    Ntar aq mungkin mo lanjut kuliahku di taiwan ke salah satunya Universitas Ming Chuan..
    Apakah universitas tsb bagus??
    Makasih y…

    >yuhana:
    maaf han, aku nggak bisa bantu yang ini

  80. nvi said,

    Maret 16, 2008 at 6:48 pm

    mbak..
    mo nanya… bisa ga si kalo apply beasiswa setelah masuk kul?
    so biaya masuk dkk awal perkuliahan kita tanggung sendiri, trus barru deh apply bea u/ sem depan.. kira2 peluang dapet beasiswanya kalo kasus begitu gede ga y? saya pengen ambil s2 d NTUST.

    thx mbak :)

    >yuhana:
    Untuk di NTU, ada evaluasi setiap akhir tahun, beasiswa di apply tahunan. Jadi masih ada kemungkinan dapat untuk tahun depan. Untuk di NTUST maaf kalau saya tidak tahu banyak, coba tanya ke forum temen2 indonesia yang di sana di http://www.ntust-isa.org

  81. Tjokro said,

    April 25, 2008 at 1:35 am

    Agen/konsultan sekolah bahasa Mandarin Taiwan di Indonesia, aku temu ini di internet: http://www.everydaymandarin.com

  82. Ivan S.C said,

    Mei 19, 2008 at 6:36 pm

    Dear Ms. Yuhana,

    Sy sudah di terima di University di Taiwan br by webmail university. National Yunlin University Science and Technology. saat ini status beasiswa saya masih menggantung di TETO? sy bingung sekali soal beasiswa.
    langkah selanjutnya supaya dapat beasiswa ke Taiwan bagaimana? sy juga sdh apply ke TETO (cp Mr. Rudi Tan).

    Dulu sy konfirmasi ke Mr. Rudi Tan, kl acceptance letter di fax ke TETO untuk Follow up scholarship. apa ada interview or seleksi di embassy taiwan bagaimana ya?

    kl ga dapat beasiswa, sy tidak mampu untuk kuliah S2. gaji peneliti di indo masih cukup buat kuliah lagi.

    trims banyak.
    Ivan

    >yuhana:
    Dear Ivan,

    Coba untuk apply atau cari tahu beasiswa lain seperti beasiswa dari professor, laboratory ataupun, DPU atau sumber lain. Jika semisal udah berusaha tapi masih tidak mendapatkan beasiswa cob hubungi pihak universitas apalah boleh diundur selama satu semester atau satu tahun untuk masuknya dan bilang sedang mencari beasiswa. Pengalaman ada teman yang seperti itu, dia diperbolehkan masuk di tahun ajaran berikutnya dan berhasil mendapatkan beasiswa pada tahun tersebut. Untuk TETO kalau bisa jangan terlalu diharapkan, yang daftar sangat banyak dan yang diterima hanya sedikit. Tetap semangat ya, insya allah jika sudah rejeki dan jodoh pasti tidak akan kemana, namun harus tetap diusakan khan. Semoga bisa membantu.

  83. herman said,

    Mei 21, 2008 at 1:28 pm

    maaf saya mau tanya bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di taiwan?dan apa saja persyaratannya? trms tolong di balas ke email saya secepatnya ya.vernon_hou@yahoo.com

  84. Citraningrum said,

    Mei 28, 2008 at 3:25 pm

    Dear Ibu Yuhana,
    saya akan melanjutkan ke NTUST untuk intake Fall 2008. Untuk pengurusan visa, saya sudah mengerti bagaimana langkah2nya. Yang ingin saya tanyakan adalah tentang dokumen.
    Untuk legalisasi ke Depkumham, yang dibawa adalah ijazah dan transkrip asli, beserta fotokopi yang sudah dilegalisasi (oleh universitas atau notaris? jika harus notaris, harus notaris yang diakui TETO?)
    Berapa lembar fotokopi ijazah dan transkrip yang harus dilegalisasi? Di persyaratan yang saya terima, juga diharuskan ada finansial statement dan asuransi kesehatan+perjalanan, bagaimana dengan yang itu? harus difotokopi juga? Dilegalisasi siapa?
    Maaf merepotkan Bu, balasannya tolong dikirim ke email saya. terima kasih.

    >yuhana:
    Citra, coba lihat ke link ini, sepertinya disitu ada langkah-langkahnya : http://www.info-scholarships.com/2008/01/26/langkah-langkah-setelah-diterima-sekolah-di-taiwan/

  85. martini said,

    Juni 9, 2008 at 8:48 pm

    Dear Ibu Yuhana,
    Saya diterima sebagai siswa di NTU jurusan Agronomy dan akan memulai pendidikan akademic saya bulan september 2008. Sebelumnya saya adalah siswa NTNU Mandarin Training Center selama satu tahun. Kendala saya adalah, sangat sulit untuk mendapat visa, setiap pengurusan visa selalu terhambat dan kadang tanpa alasan yang jelas. Apabila ibu memiliki info tentang pihak swasta Indonesia yang mungkin bersedia memberi beasiswa kepada siswa Indonesia, mohon Ibu kirimkan ke mail saya. terimakasih sebelumnya.

    >yuhana:
    Dear Martini,

    Coba baca jawaban saya atas pertanyaan2 dari rekan-rekan di komen ini. Beberapa pertanyaan yang anda tanyakan sebagian telah terjawab disitu. Maaf jika saya tidak membalas lewat email, dengan membalas disini akan lebih banyak yang bisa memanfaatkan. Semoga bisa membantu.

  86. fahri said,

    Juni 17, 2008 at 7:36 pm

    saya lulusan D3 bahasa Cina (mandarin) semarang, sekarang mengajar bahasa mandarin di jawa timur. Kalau Yuhana xiaojie atau teman-teman lainnya mengetahui program beasiswa belajar bahasa mandarin dari pemerintah indonesia/cina, qing nin gaosu wo (tolong beritahu saya) yah..
    untuk teman teman yang dari D3/S1 Bahasa Mandarin / guru bahasa mandarin bisa kontakan lewat email untuk sharing dll.

  87. fahri said,

    Juni 17, 2008 at 7:39 pm

    saya fahri, sori lupa, emailnya : fahrirhaf@telkom.net

  88. Citraningrum said,

    Juni 26, 2008 at 12:22 pm

    Bu,
    handphone yang bisa digunakan disana harus cover berapa band? dual, tri, atau quad?

    Xiexie.

  89. Citraningrum said,

    Juni 26, 2008 at 1:07 pm

    Dear Ibu Yuhana,
    Saya ‘numpang’ info ya bu, untuk teman2 yang diterima di NTUST untuk Fall 2008 (dan kebetulan berkunjung ke blog ini) yang akan berangkat dari Surabaya, mungkin bisa menghubungi saya untuk masalah departure, sehingga keberangkatannya lebih mudah, dan bisa dijemput di TW.

    Terima kasih Bu.

    Citra – m.citraningrum@gmail.com

  90. Karlin said,

    Juli 12, 2008 at 4:33 pm

    Dear Ibu Yuhana,
    Saya melihat blog ini secara kebetulan saat sedang browsing university di taiwan.Saya mau menanyakan kira2 rekomendasi ibu..dari sekian banyak university di taipei, yang mana yang cocok untuk pemula yg mau mendalami bahasa mandarin..

    Terima kasih banyak….:D

  91. Tjokro said,

    Juli 13, 2008 at 3:44 am

    Bu Karlin:

    Ini di Jakarta ada agen yang urus sekolah ke Taiwan: http://www.everydaymandarin.com

    Teleponnya: 021-687 87100

  92. Catharina Jepp said,

    Juli 13, 2008 at 3:57 am

    Sekolah ke Taiwan sekarang susahnya ada 3:

    1. Ada interview visa.
    Jangan sampai gagal di interview gara2 ga tau petunjuk dari orang yang mengerti.

    2. Jemput di airport atau petunjuk jalan ke univ

    3. Cari apartemen di Taiwan.
    Beberapa univ bahasa kayak NTNU ga ada asrama. Beberapa univ ada asrama tapi sekamar bisa ber-4 atau malah ber-6 orang. Jadi kayak kaleng sarden yang ga ada privasi. Dan juga asrama belum tau ada kosong/ga karena ga boleh pesan dari Indonesia. Mending saran saya, kalau mau lebih tenang, tinggal di apartemen sendiri atau berdua dengan teman. Juga ga ada jam malam yang ga membatasi kamu untuk kerja sampai malam.

    Ketiga urusan vital di atas hanya bisa diurus oleh agen sekolah di Indonesia. Ngapain repot2 urus sendiri dan kemudian salah, yang akhirnya malah tekor lebih banyak?! Saya ke Taiwan dulu juga pake agen, asal Anda yakin agennya adalah yang terbaik dan punya koneksi dengan sekolah di Taiwan.

  93. yudi said,

    Juli 19, 2008 at 7:27 pm

    ibu…

    saya mau tanya apa benar bisa kerja part time jika saya belajar di NTNU? kemungkinan kerja besar apa gak ya?gaji per jam biasanya berapa untuk internasional student?
    trima kasih

  94. wira said,

    Agustus 11, 2008 at 4:11 pm

    Dear Ibu Yuhana,

    Saya mahasiswa jurusan ilmu komputer (Teknik Informatika), semester 7. Saya ingin melanjutkan S2 di Taiwan dengan jurusan yang sama. Bagaimana prosedur pengajuan beasiswa S2 ke suatu universitas di Taiwan? dan syarat apa saja yang harus dipenuhi?

    Terima kasih..

  95. listyani said,

    Agustus 11, 2008 at 9:45 pm

    ibu… tolong rekomendasikan universitas yg bagus dan murah dongg.. saya tertarik sekali belajar mandarin.. saya baca disebuah blog sekolah di pontianak yg didatangi delegasi dari Taiwan dan mengatakan bahwa biaya kuliah di Taiwan sangat murah sekitar 14 juta per tahun dan untuk biaya tempat tinggal sebesar 28 juta per tahun,, apa itu benar?? tolong jelaskan ke saya yahh bu,…

    tolong dibalas ke email saya yah bu… trima kasih banyak..

  96. astarani said,

    Agustus 24, 2008 at 2:44 pm

    maaf,,,
    saya mungkin termasuk orang yang tertarik kulaih di Taiwan.
    bisa beritahu saya syarat2 mengambil beasiswa di sana. Dan kalo boleh jurusan apa saja yang bisa di ambil di sana? dan peluang bekerja selanjutnya..
    klo ingin mengambil S1 disana, kira2 apa yang harus saya persiapkan dari sekarang??

    terimakasih…

    tolong balas lewat email saya

  97. Furry said,

    September 15, 2008 at 7:02 am

    Saya juga tertarik, tidak hanya di negara taiwan, tolong kirim info ttg beasiswa ke negara lain2nya. Thanks a lot.

  98. Erlina said,

    Oktober 29, 2008 at 11:11 pm

    Saya tertarik untuk belajar bahasa mandarin di taiwan, mohon infonya apakah ada beasiswanya? bagaimana syarat-syaratnya?
    Apakah saya juga bisa dapat beasiswa karena saya sama sekali tidak bisa berbahasa mandarin. Kalau sekarang berapa biayanya? (sekolah,tinggal,makan)
    Tolong dibalas ke email saya ya bu.. Terima kasih

  99. Christina said,

    November 10, 2008 at 3:12 am

    Miss Astarani, Erlina, Listyani, Pak Wira, Yudi, dan teman-teman lain yang sedang mencari sekolah ke Taiwan. Mbak Yuhana sangat sibuk. Mungkin saya bisa membantu memberi info cara apply beasiswa atau sekolah di Taiwan.

    Saat ini saya mengambil S2 lagi di National Chengchi Univ di Taipei jurusan hukum. Yang perlu Anda siapkan adalah ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir notaris, depkum & HAM, deplu, dan TETO. Nanti setelah itu Anda apply beasiswa dan visa. Yang agak repot jika Anda belum pernah datang Taiwan adalah pengurusan selama di di sini. Apalagi Anda belum bisa Mandarin juga repot.

    Ada beberapa konsultan yang saya tahu di Indonesia yang bisa membantu urus sekolah di Taiwan. Dari web Kadin Taiwan ketemu http://www.everydaymandarin.com

    Semoga membantu!

  100. ponie said,

    November 10, 2008 at 11:29 am

    saya tertarik untuk melanjutkan kuliah s2 di taiwan.saya lulusan s1 ekonomi.saya mau tanya apa kalo mau dapet beasiswa harus memiliki ipk tinggi / ipk >3,5. trus apa bener kalo mau kul disana harus punya rekening bank sendiri yang menyebutkan keuangan kita cukup. soalnya saya ingin kul disana dan dapet beasiswa karena keuangan saya juga tidak mencukupi makanya mau cari beasiswa.
    thanks banyak…..

  101. DIANA said,

    Desember 12, 2008 at 11:57 pm

    hi slm knl
    aku dr dl ingin bngt skul d taiwan tp ga tercapai2
    ya aku ga tau bs skul pa gak
    keluarga ku ga ngiijinin aku skul d taiwan

  102. putri said,

    Februari 2, 2009 at 5:01 pm

    ass wrb mba yuhana,
    saya putri…hmm..mba yuhana ini yg tergabung dalam kajian anak2 muslim di taipei, yg setiap sabut sering berkumpul di NTUST bukan?
    kalo salah, mohon maaf ya mba..soalnya aku punya teman namanya mba yuhana juga and sekolahnya di NTU..
    kalo ini benar mba yuhana yg aku kenal, apa kabar mba? sudah lama tak bertemu? waktu itu terima kasih sekali lho, sudah dipinjamkan sepeda selama 2 bulan mba yuhana balik ke indo..
    thanks

    putri…^_^

  103. devsa said,

    Februari 4, 2009 at 2:29 pm

    salam kenal mba,
    saya devi. saya sangat menyukai drama, musik, maupun budaya taiwan sehingga mendorong saya untuk ingin belajar bahasa mandarin di taiwan. keinginan ini sebenarnya sudah sangat lama, hanya saja saya bingung akan prosesnya. yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada program beasiswa belajar mandarin di taiwan selama satu tahun. kalau ada, bagaimana cara aplikasi dan persyaratannya? apakah melalui everyday mandarin dapat mengetahui info tersebut? kehidupan di taiwan menyenangkan buat orang indonesia ngak mba? terima kasih, mohon dibalas ke email saya devimelissa@yahoo.com. buat teman-teman yang ingin belajar mandarin di taiwan juga, tolong berbagi informasi ya ke email saya. terima kasih.

  104. beti said,

    Februari 6, 2009 at 2:08 pm

    dasar orang indonesia, seneng sekali cari yang gratisan.Maunya sekolah gratis,biaya hidup gratis,minta ada tunjangan anak istri pula.Kuliah molor masih berharap dapat beasiswa.Kalau kuliah sudah selesai berharap ada yang nawarin kerja dengan gaji besar.hmmmm that’s very common in this country,rite?

  105. andy said,

    Februari 9, 2009 at 6:39 am

    salam kenal dulu buat m’bak yuhana yg ayu ‘n cute
    skrg ini saya sedang skul di NTNU dan
    hal yg ingin saya nanyakan adalah:
    1.sewaktu mbak yuhana melanjutkan S2 di tw, bahasa apa yg dipakai dlm mata kuliah??? inggris / mandarin
    2.selama melanjutkan S2 di tw ,pernahkah mbak yuhana mencoba mencari kerja di tw? dan kerja apakah yg pernah mbak teladani??

    sekian dan terima kasi atas petunjuknya….
    don’t forget my e-mail address: andy77001231@yahoo.co.id

  106. wike dania said,

    Februari 13, 2009 at 5:21 pm

    Dear mbak yuhana,

    saya dosen dr PTN negeri, skr lg S2 di Australia..saya tertarik buat nerusin S3 di Taiwan (gara2 kebanyakan nonton film Taiwan kali ya..hehehe).
    Masalahnya, paspor biru itu gak berlaku utk kunjungan ke Taiwan, trus itu apa artinya kita dr pemerintahan tdk diijinkan sekolah di Taiwan?
    Kemudian, bagi yg g bisa bahasa mandarin, ada g kemungkinan bisa S3 dsana?

    Makasih sebelumnya ya mbak..

  107. Istanagrent said,

    Februari 15, 2009 at 6:39 pm

    Good day

    Was spring Istanbul, decided to stay at the hotel Carlton ,leave is not always an opportunity to go without wife and this time decided to take the opportunity to know Turkish [url=http://www.callvipgirls.com/istanbul.htm]escort service istanbul[/url] girls can be found directly at Hotel or in nightclubs,Also there are all kinds of [url=http://www.callvipgirls.com/istanbul.htm]escort service in turkey[/url] .Before, I thought in Turkey girls Turkish woman but when I asked for [url=http://www.callvipgirls.com/istanbul.htm]escort in turkey[/url] me brought three beautiful girls Your choice,Among them were the European and Russian Ukrainka,but there was no turchanok.The time of my vacation flying fast with such beauty,I hope yet come to Istanbul and be sure to take [url=http://www.callvipgirls.com/istanbul.htm]turkey escort girls[/url] .The conclusion of this sometimes relax without wife.

    Asres

  108. sidhi said,

    April 13, 2009 at 7:20 am

    bu yuhana
    saya sidhi S2 di indo tapi saya bercita-cita belajar bahasa mandarin di taiwan dan mencari peluang bisnis disana dengan beasiswa atau biaya murah
    maukah anda memberi nasehat di email saya tentang apa saja yang harus saya persiapkan di sidhimartanasantosa@yahoo.com
    terima kasih atas kebaikan hatinya

  109. Rica said,

    Mei 23, 2009 at 10:03 am

    Hai Ibu Yuhana, mau tanya neh…
    saya rencana lanjutin pendidikan saya di taiwan.
    Saya sedang mendaftar 2 program beasiswa, antara lain di NTU (dari TETO) dan dari TIGP (Taiwan international graduate program). Di kedua universitas tersebut, Saya apply bidang bioteknologi kedokteran.
    Perbedaanya,NTU menawarkan program S2.Kalau TIGP menawarkan sampai S3, dan kuliahnya itu kerjasama antara academia sinica dan yang ming national university.
    Saya sekarang sedang menunggu informasi penerimaan beasiswa dari keduanya. Yang ingin saya tanyakan,
    1. jika saya diterima keduanya (Amin) menurut Ibu, untuk bidang saya, lebih bagus program yang mana ya ?
    2. Ohya apakah beasiswa dari TETO sulit didapat? berapa quota nya per tahun?
    3. Antara NTU dan academia sinica, mana yang lnamanya ebih dikenal secara internasional?

    Terima kasih atas jawabanny bu ^_^

  110. ezendi said,

    Mei 31, 2009 at 11:01 pm

    aku mao nanya ni,kalo misal mao belajar ke taiwan seperti di university ato college,kira-kira butuh daba berapa per bulan?( dari yg murah sampai yg termahal).dan kira-kiara biaya ongkos hidup sehari hari disana berapa?
    berapa lama harus belajar ,kalo misal mao ambil s1 disana
    terima kasih

  111. Christine said,

    Juni 3, 2009 at 2:42 pm

    hi…
    saya butuh info tentang beasiswa belajar bahasa mandarin di taiwan (di language center), tapi gak tau gimana caranya. bisa bantu harus ke website mana?
    thx atas perhatiannya.
    btw bales lewat email saja ya.
    thx a lot

  112. Elizabeth said,

    Februari 23, 2010 at 2:18 pm

    Bu, saya mau tanya. Kalau untuk pendaftaran beberapa kan meminta untuk notarized di jakarta. Kalau dokumen yg dikirim tidak di notarized apakah berpengaruh terhadap penerimaan? Saya sedang bingung ini, karena TETO cuma ada di Jakarta, sedangkan sangat tidak memungkinkan bagi saya untuk ke Jakarta sekarang. Rencana saya, saya baru aku me-notarized-kannya setelah diterima. Bagaimana pendapat Anda. Terima kasih

    • sidhi said,

      Februari 23, 2010 at 3:04 pm

      kayaknya gpp deh bu,saya juga lagi apply beasiswa di china ga pake lagalisir

  113. erna said,

    Agustus 22, 2010 at 12:55 am

    halo salam kenal,
    saya sangat tertaik ama bahasa mandarin
    saya berencana mau mendaftar beasiswa setahun ditaiwan
    kursus bahasa mandarin saja..

    tolong kabari saya gimana caranya? beasiswa full ama asrama ga?

    tolong dikonfirmasi
    makasih

  114. nde said,

    Juli 28, 2011 at 11:01 am

    aku mo nanyak nih, kalo bawa keluarga apa aja yg harus disiapkan, kalo bawa keluarga barengan kita berangkat bisa gak ya, mgkn pake visa visitor dulu ato bgm, mohon informasinya ya thanks

  115. Gemal said,

    Agustus 1, 2011 at 6:51 pm

    Salam Kenal…
    saya asal Aceh istri saya dapat beasiswa sari Pemerintahan Aceh tuk study ke taiwan. yang saya mau tanyakan bagaimana peraturan taiwan mengenai visa belajar disana apakah saya dan anak saya bisa ikut tuk mendampingi istri saya yang study disana? dan bagaimana peluang kerja disana?

  116. izza said,

    September 5, 2011 at 6:49 pm

    ,mba.yuhana.
    saya sekarang sedang kuliah di PTS mengambil jurusan F.Kedokteran skrg semester5,saya mau tanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa S2 spesialis THT di dalam negeri,apa aja syaratnya dan bagaimana untuk mendaptkan beasiswanya? dan saya ingin mencoba juga untuk S2 spesialis THT diluar negeri,menurut ms. negera mana yg bagus dan biaya hidupnya tidak terlalu mahal dan bagaimana cara memperoleh beasiswanya?jujur saya kurang tahu menahu untuk mencari beasiswa,dan apa aja syaratnya? terim kasih, :)

  117. rachma said,

    September 24, 2011 at 2:14 pm

    selamat siang ibu, mohon informasi, kalau saya mendapat beasiswa di taiwan, bisakah saya membawa anak yang masih balita ? perijinan maupun pendidikan disana bagaimana ? apakah memungkinkan ? sendainya membawa pengasuh apa juga memungkinkan ? visa apa yang harus dipakai oleh mereka ? terimakasih sebelumnya

  118. Niamas Estianty said,

    September 29, 2011 at 10:39 am

    Teman2, di Jakarta ada 1 konsultan yg urus Taiwan, coba aja masuk web-nya: http://www.everydaymandarin.com

    Byk murid2 di Taiwan sini dpt beasiswa dr mrk….Gw angkatan 2009..

  119. febri said,

    November 14, 2011 at 1:24 pm

    Mao tanya donk, untuk sekolah bahasa ke taiwan minimal saldo yang ada di rekening berapa yah? saran kira2 berapa dana yang harus ada supaya lolos dapat visa setelah di liat orang kedutaaan taiwan.

  120. Levi Boynton said,

    Januari 31, 2012 at 8:05 pm

    Hei orang , AS Akan jauh lebih baik tinggal dengan Suriah Bashar ?

  121. Buck Urso said,

    Februari 7, 2012 at 9:33 pm

    Thanks for writing about intriguing topics…

  122. Erika Ortiz said,

    Februari 7, 2012 at 11:55 pm

    You weblog is fantastic! I appreciate reading it

  123. Februari 11, 2012 at 11:12 pm

    Wow, your weblog is extremely fascinating!

  124. BONG SE LANG said,

    Maret 3, 2012 at 12:39 pm

    saya ingin melanjutkan kuliah saya ditaiwan, kira-kira dsna ada kmpus yang tidak terlalu mahal untuk persmesternya ga ya?

  125. Rahma said,

    April 3, 2012 at 10:09 pm

    Boleh minta emailnya bu? Soalnya saya mau s2 di NCTU. Dan mungkin nantinya saya bisa menghubungi ibu sewaktu saya mau bertanya. Tolong kirim ke email saya. Terima kasih.

  126. Rahma said,

    April 3, 2012 at 10:12 pm

    email saya findahrs@gmail.com terima kasih.

  127. tri said,

    September 26, 2012 at 2:27 pm

    salam kenal bagaimana cara proses kursus ditawan yang sambil bekerja kaya teman teman,

  128. angela said,

    April 4, 2013 at 2:01 pm

    klik aja di http://www.sekolahmandarin.com..disini bisa tanya info info study in taiwan dan gratis.

  129. April 29, 2013 at 1:08 am

    Hey I am so grateful I found your site, I really found you by mistake, while I was researching on
    Google for something else, Regardless I am here now and would just like
    to say thanks a lot for a incredible post and a all round enjoyable
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the great work.

  130. vlaidv said,

    Januari 6, 2014 at 4:51 am

    saya mengajukan aplikasi beasiswa di salah satu univ Taiwan. Dimana disana disyaratkan mengurus paspor, menyerahkan academic credential, ijazah n transkirp dgn translate dlm bhs ing atau china, dan juga di legalisie oleh TETO. HMmm ini syrt untuk pengajuan yg bhkn blm tau diterima apa gak. apakah ada yg sperti ini?

  131. vlaidv said,

    Januari 6, 2014 at 4:52 am

    untuk beasiswa di taiwan lebih lanjut bisa di search di facebook : Mula Sigiro

  132. anita said,

    Mei 13, 2014 at 4:05 pm

    Salam Kenal

    Bagi para mbak , mas yang berkeinginan study S1, S2, S3 bisa menghubungi saya di occanita@gmail.com
    Kami akan memberikan tips2 jurusan unggul dari setiap universitas di Taiwan.
    NTU tidak selamanya jago di setiap bidangnya.

    Salam

  133. James said,

    Oktober 7, 2014 at 4:33 pm

    Kok sekarang ini yang non Chinese mau belajar Mandarin ? Padahal banyak yang menghina bahasa Mandarin dan tidak suka dengan orang Chinese.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: